Kompas.com - 20/09/2013, 18:41 WIB
EditorErvan Hardoko
MOSKWA, KOMPAS.com - Pasukan penjaga perbatasan Rusia, Jumat (20/9/2013), segera menarik kapal mmilik Greenpeace yang melakukan protes di Laut Artik menuju ke pelabuhan Murmanks untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Sebelumnya aparat keamanan Rusia memaksa naik ke atas kapal itu dan mengurung para aktivis Greenpeace.

"Saat ini kapal Arctic Sunrise akan dibawa ke pelabuhan Murmanks untuk prosedur hukum lebih lanjut," kata juru bicara pasukan penjaga perbatasan wilayah Murmanks kepada kantor berita RIA Novosti.

Juru bicara itu menambahkan, kapten kapal Arctic Sunrise sudah diperiksa namun investigasi lengkap akan dilakukan setelah kapal mencapai pelabuhan.

Murmanks berjarak 1.485 kilometer di sebelah utara Moskwa. Pasukan penjaga perbatasan mengatakan dibutuhkan waktu tiga hari untuk menarik kapal Greenpeace itu ke Murmanks.

Dinas Intelijen Rusia (FSB) menuduh kapten kapal Arctic Sunrise melakukan aktivitas ilegal.

"Kami menghadapi tuduhan serius yaitu terorisme dan melakukan riset ilmiah ilegal," kata Roman Dolgov, salah seorang pakar Greenpeace kepada RIA Novosti.

Dolgov menambahkan, para aktivis Greenpeace dikurung di dalam mess kapal namun mereka masih diizinkan untuk pergi ke toilet atau merokok.

Sebelum ditahan, Arctic Sunrise membawa para aktivis Greenpeace memprotes anjungan minyak Prirazlomnaya milik Gazprom yang mulai melakukan ekplorasi minyak di kawasan habitat beruang kutub itu.

Greenpeace tengah menggelar kampanye penolakan eksplorasi gas dan minyak mentah di kawasan Artik, karena setiap kebocoran minyak mentah bisa menghancurkan lingkungan yang masih perawan itu dan sangat sulit itu dikendalikan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.