Kompas.com - 20/09/2013, 16:52 WIB
EditorErvan Hardoko

MANILA, KOMPAS.com — Filipina dan Taiwan mempersiapkan diri menjelang terjangan topan Usagi yang menurut para ahli meteorologi adalah topan terkuat sepanjang 2013.

Topan itu kini berada 560 km di tenggara Taiwan dan 360 km dari Filipina utara pada Jumat pagi.

Taiwan dan Filipina telah mengeluarkan peringatan dan meminta awak kapal yang melintas di perairan kedua negara untuk berhati-hati.

Badai tropis ini diperkirakan akan tiba di China pada akhir pekan.

Topan Usagi membawa angin berkecepatan 175 kilometer yang mulai membesar pada Jumat pagi, seperti dilaporkan badan cuaca Pemerintah Filipina, Pagasa.

Personel darurat dan kesehatan di beberapa provinsi telah disiagakan, kata Dewan Pengendalian Risiko Kerusakan Bencana.

Sementara itu, Biro Cuaca Taiwan mengeluarkan peringatan waspada hari ini dan memprediksi hujan deras di Taiwan utara dan timur.

Pusat Administrasi Kelautan China juga telah menerbitkan respons darurat topan, yang merupakan tingkat respons bencana maritim tertinggi.

Agustus lalu, dua orang tewas dan ribuan orang menjadi tunawisma setelah topan Utor menghantam Filipina utara.

Topan adalah bencana yang umum terjadi saat musim panas di sejumlah negara Asia Timur ketika udara lembab dan kondisi bertekanan rendah memungkinkan terbentuknya siklon tropis.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.