Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ayah Tak Mampu Sediakan Mahar, 4 Perempuan Pakistan Bunuh Diri

Kompas.com - 20/09/2013, 16:04 WIB
ISLAMABAD, KOMPAS.com — Empat perempuan Pakistan melakukan bunuh diri bersama-sama setelah berdebat dengan sang ayah yang tak bisa menyediakan mahar untuk pernikahan mereka. Demikian pejabat di Provinsi Punjab menjelaskan, Jumat (20/9/2013).

Insiden ini terjadi di kota Mailsi, di sisi selatan Provinsi Punjab. Tragedi ini diawali ketika seorang petani miskin, Bashir Ahmed Rajput, tak bisa menikahkan kelima putrinya karena tak memiliki cukup mahar.

"Setelah pertengkaran terkait masalah ini, kelima putrinya menjadi putus asa dan bersama-sama melompat ke sebuah kanal," kata Malik Daud Hasnain, seorang perwira polisi senior.

Kelima perempuan itu, lanjut Hasnain, berusia 45, 43, 38, 35, dan 31 tahun. Beruntung putri yang termuda masih bisa diselamatkan.

"Kami menyelamatkan putri yang termuda, Fatima, dan menemukan jasad kedua kakaknya. Kami masih mencari dua jasad lainnya," ujar Hasnain.

Mahar atau maskawin menjadi masalah serius bagi keluarga miskin di Pakistan. Banyak perempuan yang tak bisa menikah karena keluarga mereka tak bisa menyediakan mahar yang diminta keluarga mempelai pria.

Di Pakistan, perempuan biasanya menikah pada usia 18-28 tahun. Perempuan yang berusia di atas 30 tahun akan semakin sulit untuk mendapatkan jodoh.

Perempuan yang tak menikah biasanya menghadapi cemoohan dari tetangga dan kerabat. Selain itu, mereka biasanya hidup dalam kemiskinan karena tak ada seorang suami yang memberi nafkah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com