Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden Filipina Perintahkan Militer Waspada Hadapi MNLF

Kompas.com - 20/09/2013, 15:07 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com — Presiden Filipina Benigno S Aquino III memerintahkan militer bersikap waspada saat menghadapi pemberontak Front Nasional Pembebasan Moro (MNLF) di Zamboanga. Menurut warta AP pada Jumat (20/9/2013), perang melawan pemberontak itu sudah berlangsung hampir dua minggu.

Sikap waspada itu, terang perempuan Deputi Juru Bicara Kepresidenan Abigail Valte, termasuk menjaga agar tidak ada hal berlebihan dalam menuntaskan masalah di Zamboanga.

Abigail mengatakan, selama masa melawan pemberontak itu, militer Filipina sudah dua kali melakukan penyerangan langsung. Saat ini, kawasan tempat berkumpulnya kelompok pemberontak ada di Lamitan, di Provinsi Basilan. "Ada intensitas baku tembak di sana," kata Abigail.

Sementara itu, imbuh Abigail, Presiden Aquino juga sudah memerintahkan ada peningkatan
tugas intelijen. Hal ini diperlukan agar pemberontak MNLF tidak bisa masuk ke ibu kota, Manila. "Sampai hari ini, militer masih terus menetralisasikan persenjataan MNLF," demikian Abigail Valte.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com