Kompas.com - 20/09/2013, 14:59 WIB
EditorErvan Hardoko
SANA'A, KOMPAS.com — Sedikitnya 40 orang polisi dan tentara tewas akibat serangkaian serangan yang diduga dilakukan kelompok Al Qaeda Semenanjung Arab (AQAP), Jumat (20/9/2013), di Yaman Selatan.

Salah satu serangan AQAP mengincar sebuah kamp pasukan khusus di Maifaa, Provinsi Shabwa, menewaskan delapan orang polisi.

Di waktu yang sama, sekelompok orang bersenjata menyerang dua pos pengawasan militer yang berjarak 15 kilometer dari kamp pasukan khusus Maifaa, menewaskan 42 prajurit.

"Para prajurit terperangkap, saat militan menyerang pos militer di Al-Nusheiha," kata sejumlah saksi mata.

Pemerintah Yaman menuding Al Qaeda berada di belakang berbagai serangan mematikan terhadap polisi dan tentara yang berlangsung hampir setiap hari.

Serangan-serangan Al Qaeda itu terutama terjadi di wilayah timur dan selatan, di mana jaringan AQAP sangat aktif.

AQAP memperkuat posisinya dengan mengambil keuntungan dari kelemahan pemeritahan pusat Yaman akibat perlawanan rakyat yang menggulingkan Presiden Ali Abdullah Saleh pada 2011.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.