Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mantan Anggota Parlemen Afganistan Membelot ke Taliban

Kompas.com - 19/09/2013, 20:53 WIB
KABUL, KOMPAS.com - Seorang mantan anggota parlemen dan gubernur distrik di Afganistan, Kamis (19/9/2013), menyatakan membelot ke kelompok Taliban.

"Saya yakin setelah Amerika mundur maka Emirat Islam akan memerintah Afganistan," kata Abdul Hai melalui video yang dirilis situs resmi Taliban.

Abdul Hai menambahkan, sebelum memutuskan untuk membelot dia sudah membicarakan niatnya ini dengan sejumlah tetua dan mereka mendukung keputusannya itu.

Abdul Hai pernah menjadi anggota senat untuk Provinsi Sar-e Pol pada periode 2004-2008. Di saat yang sama Abdul Hai menduduki posisi gubernur distrik.

Pemerintah Kabul membenarkan bahwa Qazi Abdul Hai telah bergabung dengan pemberontak Taliban. Namun, Kabul yakin membelotnya Abdul Hai tak akan berdampak apapun.

"Dia (Abdul Hai) membelot ke Taliban setelah sebuah perjalanan ke Pakistan sekitar empat bulan lalu," kata wakil ketua parlemen Afganistan, Mohammad Alam Ezedyar.

"Alasannya bisa jadi dia khawatir atas keselamatannya. Kami sudah mendengar kampanye Taliban yang akan membunuh para pejabat pemerintah," tambah Ezedyar.

Sementara itu Gubernur Sar-e Pol Abdul Jabar Haqbeen mengatakan, Abdul Hai pada awalnya memang anggota Taliban saat kelompok itu memerintah Afganistan pada 1996-2001

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com