Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siap-siap, Akhir 2013, Canberra Resmikan Pernikahan Sesama Jenis!

Kompas.com - 19/09/2013, 12:21 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com — Andai tak ada aral melintang, Pemerintah Canberra, Australia, bakal melegalkan pernikahan sesama jenis pada akhir 2013. Menurut warta AAP pada Kamis (19/9/2013), peresmian itu bersamaan dengan beleid Peraturan Kesamaan dalam Pernikahan ke meja Dewan Legislatif pemerintahan Teritori Ibu Kota Australia (ACT).

Peraturan terbaru itu diharapkan lolos pada Oktober mendatang. Peraturan itu mendapat dukungan dari Partai Australia Hijau dan kelompok minoritas Partai Buruh di ACT. Kalau  berhasil dilegislasi, peraturan itu menjadi yang pertama di Australia untuk urusan pernikahan sesama jenis. "Pemerintah bekerja keras bagi warga yang akan menikah sesuai peraturan tersebut," kata Menteri Ketua ACT Katy Gallagher.

Sejatinya, bukan kali pertama bagi ACT untuk mengegolkan peraturan ini. Soalnya, pada 2006, saat Perdana Menteri (PM) John Howard berkuasa, peraturan ini juga diajukan lewat Undang-
Undang Persatuan Sipil. Tetapi, upaya itu belum menuai hasil.

Definisi

Undang-Undang Pernikahan Persemakmuran Australia memang mendefinisikan "pernikahan" sebagai persatuan antara satu orang pria dan satu orang wanita. Dus, pernikahan sesama jenis adalah ikhwal nan ilegal.

Sementara PM Tony Abbott pernah mengatakan kalau dirinya meminta advis ke ACT soal pernikahan sesama jenis. "Anda semua tahu, di bawah konstitusi, Persemakmuran mempunyai tanggung jawab untuk pernikahan dan jaksa penuntut umum akan mencari nasihat tepat sejauh mana ACT sudah melangkah," katanya.

Kendati begitu, soal pernikahan sesama jenis di Benua Kanguru memang terbilang masih dalam tahap pro dan kontra. Partai Australia Hijau berdiri di sisi pendukung. Sementara belum ada kata sepakat resmi dari Partai Buruh menyangkut hal tersebut.  

AFP PHOTO, POOL / GERARD JULIEN Vincent Autin (kanan) dan Bruno Boileau berciuman di balkon di depan kerumunan setelah pernikahan mereka, pernikahan resmi gay pertama di Perancis, di balai kota di Montpellier, 29 Mei 2013. Perancis adalah negara ke-14 melegalkan pernikahan sesama jenis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com