Kompas.com - 18/09/2013, 17:42 WIB
|
EditorJosephus Primus
KOMPAS.com - Pesan khusus datang dari Raja Jordania Abdullah saat bertandang resmi ke China, Rabu (18/9/2013). Saat bertemu Presiden Xi Jinping di Beijing, Abdullah minta agar China berperan aktif membantu menyelesaikan krisis Suriah. "China bisa memanfaatkan pengaruhnya di Dewan Keamanan PBB,"kata Abdullah.

Abdullah juga mengingatkan kalau China adalah teman  Jordania di Timur Tengah. "Upaya China akan membantu membuat Timur Tengah menjadi lebih stabil,"katanya.

Belum ada informasi soal pernyataan balasan Presiden Xi Jinping. Namun, Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China Hong Lei mengatakan sebagaimana warta Xinhua kalau China sudah melakukan banyak usaha membantu penyelesaian krisis Suriah. Menurut Hong Lei, China sudah menawarkan mediasi. "China juga mendukung diskusi Dewan Keamanan untuk mencari solusi tuduhan penggunaan senjata kimia,"kata Hong Lei.

Hingga kini, China dan Rusia memilih menolak inisiatif serangan militer ke Suriah oleh koalisi pimpinan AS. Menurut Hong Lei, China bahkan berulang kali menyerukan solusi politik terhadap krisis Suriah yang sudah menewaskan hingga 100.000 orang dan membuat 2 juta warga Suriah kehilangan tempat tinggal.

AFP PHOTO / STRINGER Wanita Kristen Suriah menyalakan lilin saat berdoa untuk perdmaian Suriah di Lady of Dormition, Katedral Melkite Greek Catholic di Kota Tua damaskus, 7 September 2013. Paus Fransiskus menyerukan kepada dunia agar puasa dan doa bersama untuk perdamaian Suriah dan menolak intervensi militer.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.