Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Militer Nigeria Serang Kamp Boko Haram, 150 Militan Tewas

Kompas.com - 18/09/2013, 16:55 WIB
LAGOS, KOMPAS.com - Angkatan Darat Nigerria melakukan serangan kilat ke sebuah kamp kelompok militan Boko Haram di kawasan bergolak di wilayah timur laut negeri itu.

Juru bicara AD Nigeria, Rabu (18/9/2013), mengklaim serangan tersebut menewaskan 150 orang anggota Boko Haram dan 16 orang tentara.

Namun, angkatan darat Nigeria belum memberikan rincian operasi yang digelar pada pekan lalu itu.

"Kamp yang kami serbu merupakan kamp dengan pertahanan kuat dan dilengkapi persenjataan berat di negara bagian Borno," kata juru bicara militer Ibrahim Attahiru sambil menambahkan kamp itu terletak di dalam hutan Kasiya.

"Militer menyerbu kamp itu pada 12 September lalu. Sekitar 150 orang teroris Boko Haram tewas, sementara militer kehilangan 16 personel, sembilan prajurit masih hilang," tambah Attahiru.

Klaim operasi militer besar ini muncul setelah media lokal mengabarkan 40 serdadu Nigeria tewas dalam sebuah penyergapan yang dilakukan Boko Haram di kawasan yang sama.

Sejak pertengahan Mei lalu, pemerintah Nigeria menetapkan negara bagian Borno dalam kondisi darurat. Militer menutup jaringan telepon genggam untuk menghalangi kelompok Boko Haram melakukan serangan terkordinasi.

Dengan terputusnya komunikasi, imbasnya adalah semua perkembangan operasi militer Nigeria untuk memberantas Boko Haram sangat sulit diketahui publik dan sangat sulit diverifikasi kebenarannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads

Copyright 2008 - 2023 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com