Kompas.com - 18/09/2013, 16:40 WIB
EditorErvan Hardoko
ACAPULCO, KOMPAS.com — Angkatan bersenjata Meksiko dan sejumlah penerbangan komersial mulai mengangkut ratusan wisatawan dari resor wisata Acapulco yang terendam banjir akibat hantaman topan Ingrid dan Manuel, Selasa (17/9/2013).

Pemerintah Meksiko mengatakan, sedikitnya 40.000 wisatawan lokal dan asing terjebak di berbagai hotel di Acapulco setelah tanah longsor menutup dua jalan tol yang menjadi akses kota di tepian Samudera Pasifik itu.

Sementara itu, genangan air berwarna gelap setinggi lutut orang dewasa melumpuhkan bandara sehingga semakin membuat kota berpenduduk 680.000 orang itu terisolasi.

Sementara di pusat kota, ribuan orang menjarah toko serba ada Costco di kawasan elite Diamante. Mereka mengambil makanan, minuman, hingga televisi dan lemari es, sementara tentara dan polisi federal hanya bisa memandang tak berdaya.

"Kami mengambil makanan untuk anak-anak kami, tak ada yang bisa dimakan di luar sana," kata seorang perempuan yang menggotong tas belanjaan penuh makanan.

Ribuan orang yang menyerbu toko itu membuat aparat keamanan tak kuasa mencegah penjarahan.

"Kami tak bisa menghentikan mereka. Kami berada dalam situasi sulit," kata seorang prajurit yang tak ingin disebutkan namanya.

Di sisi lain kota, para turis dan warga setempat harus rela mengantre demi mendapatkan makanan di tiga toserba yang masih buka.

Menteri Dalam Negeri Meksiko Miguel Angel Osorio Ching mengatakan, dibutuhkan waktu dua hingga tiga hari untuk kembali membuka dua jalan tol yang menuju Acapulco.

Sementara itu, terminal bandara Acapulco masih belum beroperasi sehingga para penumpang langsung menuju ke landas pacu dari sebuah gedung konser yang diubah menjadi tempat pengungsian sekaligus pusat operasi sejumlah maskapai penerbangan.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.