Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banjir Rendam Kawasan Utara Thailand

Kompas.com - 18/09/2013, 16:33 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Hujan deras berkepanjangan menjadi penyebab banjir yang merendam kawasan utara Thailand. Menurut warta laman Bangkok Post pada Rabu (18/9/2013), air bah itu sudah menggenangi dua provinsi di kawasan itu yakni Lamphun dan Ayutthaya Tengah.

Hujan di kawasan itu berlangsung sejak Rabu pagi. Sementara, enam distrik di Ayutthaya juga terendam banjir lantaran hujan lebat itu.

Kantor Bencana Alam di Lamphun mencatat ada sekitar 50 rumah dan kawasan komersial terlanda air bah. Jumlah itu masih ditambah dengan ratusan hektare tanah pertanian. "Rerata ketinggian banjir hingga 9 meter,"kata lembaga tersebut.

Ketinggian banjir di Distrik Bang Ban di Provinsi Ayutthaya sejatinya masih terbilang rendah ketimbang pada 2011. Saat ini, ketinggian air mencapai satu meter. Sementara pada dua tahun silam, ketinggian banjir mencapai empat meter.

Lantaran kawasan utara Thailand merupakan kawasan industri, Kementerian Kesehatan Thailand mengingatkan para warga untuk tidak memanfaatkan air hujan untuk konsumsi sehari-hari. "Kemungkinan, air tercemar limbah industri," kata pernyataan kementerian itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com