Kompas.com - 18/09/2013, 16:01 WIB
|
EditorJosephus Primus
KOMPAS.com — Kamboja mencatatkan pertumbuhan ekspor beras mengesankan selama delapan bulan pertama 2013. Pencapaian itu, tulis AP pada Rabu (18/9/2013), juga mendapat dukungan dari tingginya permintaan pasar dunia.

Catatan termutakhir Pemerintah Kamboja menunjukkan, selama periode delapan bulan pertama tadi, ekspor beras Kamboja berada di 236.730 ton. Angka ini, dalam perbandingan dengan periode sama setahun silam naik menjulang 107 persen dari posisi 114.070 ton.

Di Kamboja, ada 72 perusahaan yang mengekspor beras. Pasarnya mencapai 52 negara. Sementara, lima pengimpor beras Kamboja terbesar adalah Polandia, Perancis, Malaysia, Thailand, dan China. Namun, belum ada catatan apakah Indonesia termasuk di dalam pasar pembeli beras Kamboja.

Sementara itu, sebulan silam, Menteri Pertanian Kamboja Chan Sarun sempat mengatakan bahwa sampai dengan akhir 2013, target ekspor beras Kamboja menyentuh angka 400.000 ton. Sampai dengan akhir tahun silam, total ekspor beras Kamboja berhenti di angka 250.000 ton. "Kamboja percaya diri bisa mengekspor sejuta ton beras pada akhir 2015," kata Sarun.

Dari sekitar 15 juta penduduk Kamboja, 80 persennya bekerja sebagai petani. Tahun kemarin, Kamboja memproduksi 9,31 juta ton tanaman padi. Dari jumlah ini, Kamboja mengekspor 3 juta ton beras yang berlangsung hingga kini. Data Kementerian Perdagangan Kamboja menunjukkan duit yang masuk dari ekspor beras sampai dengan akhir 2012 mencapai 132 juta dollar AS.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.