Orang Terkaya Kedua China Terluka karena Serangan Balas Dendam - Kompas.com

Orang Terkaya Kedua China Terluka karena Serangan Balas Dendam

Kompas.com - 18/09/2013, 15:04 WIB
policymic Zong Qinghou
SHANGHAI, KOMPAS.COM — Multimiliarder Zong Qinghou, orang terkaya China sebelum posisinya tergusur pekan lalu, terluka dalam dugaan serangan balas dendam setelah pemecatan sejumlah karyawan, kata sejumlah laporan media, Rabu (18/9/2013).

Zong adalah pemimpin produsen minuman terkemuka China, Wahaha Group. Majalah Forbes memperkirakan kekayaan pribadi mencapai 11 miliar dollar AS (122,7 triliun), atau berada di posisi kedua setelah Wang Jianlin, pemimpin konglomerasi Wanda Group yang punya kekayaan 14 miliar dollar AS.

Taipan berusia 67 tahun itu diserang hari Jumat lalu di dekat rumahnya di kota Hangzhou di China timur dan jari-jarinya terluka, kata kantor berita resmi China Xinhua yang mengutip keterangan polisi. Kantor berita itu menambahkan, seorang tersangka telah ditangkap.

Tendon di tangan kiri Zong putus, lapor harian Commercial Daily Shenzhen yang berbasis di Hongkong. Harian itu, yang mengutip seorang sumber, melaporkan bahwa serangan tersebut mungkin aksi balas dendam atas penyingkiran sejumlah eksekutif di sebuah unit Wahaha.

Perwakilan Partai Komunis yang berkuasa di Hangzhou telah terlibat dalam kasus itu, lapor kantor berita yang dukung pemerintah, China News Service, yang mengutip seorang karyawan yang tidak disebutkan namanya di Wahaha.


EditorEgidius Patnistik
Sumber

Close Ads X