Kompas.com - 18/09/2013, 13:36 WIB
|
EditorJosephus Primus
KOMPAS.com - Kondisi Zamboanga yang makin membaik membuat pemerintah Filipina membuka kembali rute penerbangan ke dan dari Kota Zamboanga. Otoritas Penerbangan Sipil Filipina (CAAP) mengumumkan kebijakannya itu pada Rabu (18/9/2013). "Besok, Kamis (19/9/2013), rute penerbangan ke dan dari Kota Zamboanga kembali kami buka,"kata Direktur Jenderal CAAP William Hotchkiss III di Manila sebagaimana warta AP.

CAAP memang hanya memberikan kewenangan penerbangan itu kepada dua penerbangan lokal yakni Philipine Airlines Express (PAL) dan Cebu Pacific. Kamis dan Jumat, seperti biasa, keduanya menghelat penerbangan tersebut dari Manila.

Hotchkiss mengatakan CAAP selalu melakukan konsultasi terkait kondisi di Zamboanga dengan pusat manajemen krisis pemerintah. Hal itu terkait dengan baku tembak selama hampir sepekan antara tentara pemerintah melawan kelompok pemberontak Front Pembebasan Nasional Moro (MNLF) pimpinan Nur Misuari. CAAP memang menutup penerbangan di Bandara Internasional Zamboanga sejak Senin (9/9/2013).

Hingga kini, militer dan pemberontak memang masih dalam kondisi saling berhadapan. Soalnya, militer masih terus mengupayakan pembebasan ratusan warga sipil yang disandera MNLF di beberapa lokasi di Kota Zamboanga.

TED ALJIBE / AFP Yuyen de Guzman, bocah berusia dua tahun, adalah satu dari ratusan orang yang disandera pemberontak MNLF di kota Zamboanga, Pulau Mindanao, Filipina. Yuyen berhasil dibebaskan setelah pasukan pemerintah menyerbu ke posisi pertahanan pemberontak.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.