Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bebaskan 100 Sandera, Militer Filipina Kehilangan Tiga Nyawa

Kompas.com - 17/09/2013, 14:41 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com — Militer Filipina lewat kicauan komandannya di Twitter, Selasa (17/9/2013), mengatakan bahwa 18 jam ke belakang dari sekarang sukses membebaskan 100 orang sandera oleh pihak pemberontak Front Pembebasan Nasional Moro (MNLF) di Kota Zamboanga. Tetapi, operasi militer itu membuat tiga prajurit Filipina tewas. Sementara ada 10 tentara Filipina yang terluka.

"Ketiga serdadu itu membayar pengorbanan tertinggi demi membebaskan sandera," begitu kicauan Komandan Grup Ketujuh Pasukan Hubungan Sipil Mayor Harold Cabunoc.

Menurut Cabunoc, pihaknya memang amat berhati-hati dalam operasi pembebasan itu. Soalnya, militer tak mau ada korban jatuh di pihak sandera lantaran saling umbar peluru tersebut. "Kami siap untuk menghadapi risiko demi mengakhiri konflik," tegas Cabunoc.

Sementara pimpinan Kepolisian Nasional Filipina (PNP) Jenderal Alan Purisima mengatakan, sampai dengan Selasa sudah 120 sandera berhasil dibebaskan. Total jumlah sandera yang sukses dibebaskan pihak Pemerintah Filipina sampai kini ada 150 orang. "Operasi pembebasan akan terus dilakukan," katanya.

Pihak MNLF sampai kini belum menyampaikan pernyataan maupun komentarnya terkait operasi militer Filipina tersebut.

    

TED ALJIBE / AFP Pasukan Filipina menembaki posisi pemberontak MNLF yang bertahan di permukiman penduduk di sekitar kota Zambonga, Filipina Selatan. Krisis bersenjata ini sudah berlangsung lima hari sejak pasukan pemberontak MNLF menyusup ke kota Zamboanga dan mencoba menguasai balai kota.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com