Kompas.com - 17/09/2013, 14:41 WIB
|
EditorJosephus Primus
KOMPAS.com — Militer Filipina lewat kicauan komandannya di Twitter, Selasa (17/9/2013), mengatakan bahwa 18 jam ke belakang dari sekarang sukses membebaskan 100 orang sandera oleh pihak pemberontak Front Pembebasan Nasional Moro (MNLF) di Kota Zamboanga. Tetapi, operasi militer itu membuat tiga prajurit Filipina tewas. Sementara ada 10 tentara Filipina yang terluka.

"Ketiga serdadu itu membayar pengorbanan tertinggi demi membebaskan sandera," begitu kicauan Komandan Grup Ketujuh Pasukan Hubungan Sipil Mayor Harold Cabunoc.

Menurut Cabunoc, pihaknya memang amat berhati-hati dalam operasi pembebasan itu. Soalnya, militer tak mau ada korban jatuh di pihak sandera lantaran saling umbar peluru tersebut. "Kami siap untuk menghadapi risiko demi mengakhiri konflik," tegas Cabunoc.

Sementara pimpinan Kepolisian Nasional Filipina (PNP) Jenderal Alan Purisima mengatakan, sampai dengan Selasa sudah 120 sandera berhasil dibebaskan. Total jumlah sandera yang sukses dibebaskan pihak Pemerintah Filipina sampai kini ada 150 orang. "Operasi pembebasan akan terus dilakukan," katanya.

Pihak MNLF sampai kini belum menyampaikan pernyataan maupun komentarnya terkait operasi militer Filipina tersebut.

    

TED ALJIBE / AFP Pasukan Filipina menembaki posisi pemberontak MNLF yang bertahan di permukiman penduduk di sekitar kota Zambonga, Filipina Selatan. Krisis bersenjata ini sudah berlangsung lima hari sejak pasukan pemberontak MNLF menyusup ke kota Zamboanga dan mencoba menguasai balai kota.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.