Kompas.com - 17/09/2013, 12:04 WIB
EditorEgidius Patnistik
WASHINGTON, KOMPAS.COM — Pihak berwenang AS yang menyelidiki penembakan di Washington Navy Yard, yang menewaskan 13 orang tewas dan delapan lainnya terluka, mengatakan pada Senin (16/9/2013) bahwa hanya seorang pria bersenjata yang melakukan penembakan itu.

"Kami tidak punya bukti atau indikasi hingga saat ini bahwa ada penembak lain, meskipun kami belum benar-benar mengabaikan kemungkinan itu," kata Wali Kota Washington, Vincent Gray.

Kepala Polisi Cathy Lanier menekankan, "Kami sekarang merasa nyaman bahwa kami memiliki satu orang dan satu-satunya orang yang bertanggung jawab atas hilangnya sejumlah nyawa di markas itu hari ini. Jika ada perubahan saat kami terus mendalami (kasus ini), kami pasti akan menyampaikan itu kepada publik," katanya dalam jumpa pers beberapa jam setelah pihak berwenang mengatakan bahwa mereka sedang mencari dua tersangka lain dan mendesak warga Washington untuk tinggal di tempat masing-masing sampai pencarian berakhir.

Lanier mengumumkan bahwa peringatan "berlindung di tempat masing-masing" kepada warga telah dicabut saat otoritas yakin bahwa tidak ada tersangka lain yang sedang berkeliaran.

Polisi telah mengidentifikasi tersangka pria bersenjata yang merupakan pelaku tunggal dalam peristiwa itu sebagai Aaron Alexis dari Forth Worth, Texas, yang pernah bertugas di Angkatan Laut tahun 2007-2011 sebelum kemudian menjadi seorang subkontraktor pertahanan buat perusahaan raksasa komputer Hewlett-Packard. Alexis tewas dalam baku tembak dengan polisi.

Secara terpisah, seorang pejabat pertahanan AS mengatakan kepada kantor berita AFP bahwa tersangka memperoleh akses (untuk masuk ke Navy Yard) melalui cara-cara yang sah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.