Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penembakan di Kompleks AL Amerika, Senat Dikunci dan Pertandingan Bisbol Ditunda

Kompas.com - 17/09/2013, 03:48 WIB
Palupi Annisa Auliani

Penulis

Sumber
WASHINGTON, KOMPAS.com — Penembakan di Basis Militer Angkatan Laut di Washington, Amerika Serikat, telah memaksa pengamanan ketat di Senat AS. Satu pertandingan Liga Utama Bisbol juga ditunda karena serangan ini. Penembakan yang terjadi pada Senin (16/9/2013) pagi waktu setempat menewaskan sedikitnya 12 orang.

"Saya sudah berbicara dengan sergeant at arms, terkait peristiwa di Navy Yard, kami akan berlakukan reses bagi Senat sampai besok pagi," kata Pemimpin Mayoritas Senat Harry Reid di Twitter, Senin.

Sementara itu, sergeant at arms Senat AS, Terrance Gainer, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa tak seorang pun diizinkan keluar masuk Capitol Hill, gedung senat, dalam kurun dua jam setelah penembakan. Lokasi pangkalan militer dan gedung ini kurang dari tiga kilometer.

"Mengingat ketidakpastian seputar penembakan di Navy Yard pagi ini dan khususnya kemungkinan masih ada tersangka lain (yang belum dilumpuhkan), kami telah memutuskan untuk mengunci kompleks Senat," kata Gainer.

"Kami tidak memiliki informasi apa pun untuk menyarankan Senat, anggotanya, atau staf (bahwa mereka) dalam bahaya. Namun dari sisi kehati-hatian, kami merasa ini adalah tindakan terbaik untuk menjaga agar semua orang aman."

Sementara itu, situs tim bisbol Washington Nationals mengumumkan bahwa pertandingan mereka melawan Atlanta Braves yang dijadwalkan berlangsung di Nationals Park, tak jauh dari pangkalan militer itu, ditunda.

"Kami semua di organisasi Nationals turut sedih atas peristiwa tragis yang terjadi pada pagi ini, hanya beberapa blok dari Nationals Park," demikian pernyataan itu. "Pikiran dan doa kami tetap bersama teman-teman kita di Navy Yard dan mereka yang terkena dampak kejadian hari ini," lanjut pernyataan itu. "Melihat kondisinya, kami telah memutuskan untuk menunda pertandingan melawan Braves pada malam ini."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com