Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tentara Mesir Serbu Sebuah Kota Kecil, 56 Loyalis Mursi Ditangkap

Kompas.com - 16/09/2013, 22:17 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

KAIRO, KOMPAS.com - Angkatan Darat Mesir, Senin (16/9/2013), menyerbu kota Delga di Provinsi Minya yang selama lebih dari satu bulan dikuasai kelompok pendukunh Muhammad Mursi dan Ikhwanul Muslimin.

Militer menembakkan gas air mata dan menggeledah rumah-rumah untuk mencari para tersangka pembakar gereja dan peneror warga.

Militer akhirnya menahan sekitar 56 orang dan menyita sejumlah senjata dari para tersangka itu.

Selain itu, militer juga menutup 32 akses keluar masuk kota dan menerapkan jam malam di siang hari.

Kantor berita MENA melaporkan kota Delga yang berpenduduk 120.000 orang itu selama 31 hari dikuasai para loyalis mantan presiden Muhammad Mursi.

Sejak dikuasai kelompok pro-Mursi ini, tiga gereja dibakar, puluhan rumah warga Kristan dihancurkan, dan dua orang pemeluk Koptik dibunuh. Demikian peneliti Inisiatif Mesir untuk Hak Personal, Ishal Ibrahim.

"Setidaknya 100 keluarga pergi meninggalkan kota ini karena khawatir akan keselamatan jiwa mereka," kata Ibrahim lewat akun Twitter-nya.

Penyerbuan kota Delga ini masih merupakan rangkaian operasi pembersihan para pengikut Muhammad Mursi dan Ikhwanul Muslimian yang dilakukan militer sejak menggulingkan Mursi pada 3 Juli lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com