Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hanya Tunjuk Satu Menteri Perempuan, Kabinet Tony Abbott Dikritik

Kompas.com - 16/09/2013, 17:43 WIB
CANBERRA, KOMPAS.com — Perdana Menteri baru Australia, Tony Abbott, Senin (16/9/2013), mengumumkan susunan kabinet pemerintahannya. Namun, susunan kabinet ini langsung mendapat kritik karena hanya memasukkan satu perempuan di dalamnya.

Satu-satunya menteri perempuan itu adalah Julie Bishop, yang diposisikan sebagai menter luar negeri dalam kabinet yang terdiri atas 19 orang menteri itu.

Abbott, yang memenangkan pemilihan umum pada 7 September lalu itu, mengaku juga kecewa karena hanya sedikit perempuan yang ada di dalam kabinetnya.

"Banyak perempuan berbakat yang layak duduk di kabinet dan kementerian," kata Abbott.

"Sehingga saya pikir di masa depan akan semakin banyak perempuan duduk di kabinet dan kementerian," lanjut Abbott.

Meski berusaha menyampaikan alasannya, keputusan Abbott yang membentuk kabinet minim perempuan itu tetap mendapat kritik tajam.

"Kabinet Afganistan saat ini memiliki jumlah menteri perempuan lebih banyak dibanding Australia," kata ketua sementara Partai Buruh Chris Bowen.

Sementara itu, Senator Sue Boyce, anggota Partai Liberal pimpinan Abbott, mengatakan, jumlah menteri perempuan yang sangat minim saat ini merefleksikan masalah di dalam partai yakni perempuan sulit mendapatkan promosi.

"Sangat memalukan dan mengejutkan. Statistik ini akan terus mencoreng kemenangan dalam pemilu," ujar Boyce.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com