Kompas.com - 16/09/2013, 10:33 WIB
EditorEgidius Patnistik
LONDON, KOMPAS.COM — Pelaku jihad dan anggota kelompok Islam garis keras merupakan hampir setengah dari pasukan yang memerangi Presiden Suriah, Bashar al-Assad. Hal itu merupakan inti sari sebuah penelitian pertahanan Inggris yang diterbitkan di harian Daily Telegraph, Senin (16/9/2013).

Analisis yang dibuat konsultan pertahanan IHS Jane itu, yang versi lengkapnya akan diterbitkan akhir pekan ini, menyebutkan jumlah pasukan pemberontak di Suriah sekitar 100.000 orang. Namun, para pemberontak itu telah terbagi dalam sekitar 1.000 kelompok sejak kekerasan berkobar dua tahun lalu. Demikian menurut studi itu.

Dari pasukan pemberontak itu, berdasarkan perkiraan IHS Jane, sekitar 10.000 orang adalah pelaku jihad yang bertarung untuk kelompok-kelompok yang terkait dengan Al Qaeda dan sekitar 30.000 hingga 35.000 lainnya merupakan kelompok Islam garis keras, yang berbeda dari para pelaku jihad karena mereka terkonsentrasi hanya pada konflik Suriah, dan bukan pada perlawanan Islam global.

"Pemberontakan itu sekarang didominasi oleh kelompok-kelompok yang punya setidaknya sudut pandang Islam terhadap konflik itu," kata Charles Lister, penulis analisis itu, sebagaimana dilaporkan Daily Telegraph. "Gagasan bahwa sebagian besar kelompok-kelompok sekuler memimpin oposisi tidak terbukti. Jika Barat tampak seolah-olah tidak tertarik untuk menyingkirkan Assad, kaum Islam moderat juga tampaknya akan terdorong menjadi ekstremis," kata dia memperingatkan.

Penelitian itu didasarkan pada wawancara dengan kaum militan dan pada perkiraan intelijen.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.