Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pekerja Migran Myanmar Dapat Paspor Sementara

Kompas.com - 14/09/2013, 13:56 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Pemerintah Myanmar bakal merilis paspor sementara bagi para pekerja migrannya yang mencari nafkah di Thailand. "Paspor ini memudahkan para pekerja untuk bekerja dan melakukan perjalanan secara sah ke Thailand,"kata U Aye Myint dari Kementerian Pekerja dan Pengamanan Sosial Myanmar di Yangon, Sabtu (14/9/2013).

Menurut warta New Light of Myanmar ada sekitar tujuh lokasi di Myanmar yang mengeluarkan paspor itu. Kedutaan Besar Myanmar di Thailand juga mengeluarkan paspor seperti itu untuk memudahkan para pekerja migran. Dari 60 juta populasi di Myanmar, 2 juta jiwa menjadi pekerja migran di Thailand.

Pemerintah Myanmar sejak 1990 memang mengalami kesulitan menyediakan lapangan kerja bagi rakyatnya. Makanya, banyak warga Myanmar menjadi pekerja migran di berbagai negara ASEAN seperti Singapura, Thailand, Brunei Darussalam, Kamboja, dan Malaysia. Sementara, pekerja migran Myanmar juga terdapat di Korea Selatan, Libya, Jepang, Swiss, AS, Perancis, Jerman, Kuwait, Qatar, dan Uni Emirat Arab (UEA).

KOMPAS.COM/FIRA ABDURACHMAN Bus umum di Yangoon, Myanmar masih menggunakan bus-bus tua.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com