Kompas.com - 14/09/2013, 13:56 WIB
|
EditorJosephus Primus
KOMPAS.com - Pemerintah Myanmar bakal merilis paspor sementara bagi para pekerja migrannya yang mencari nafkah di Thailand. "Paspor ini memudahkan para pekerja untuk bekerja dan melakukan perjalanan secara sah ke Thailand,"kata U Aye Myint dari Kementerian Pekerja dan Pengamanan Sosial Myanmar di Yangon, Sabtu (14/9/2013).

Menurut warta New Light of Myanmar ada sekitar tujuh lokasi di Myanmar yang mengeluarkan paspor itu. Kedutaan Besar Myanmar di Thailand juga mengeluarkan paspor seperti itu untuk memudahkan para pekerja migran. Dari 60 juta populasi di Myanmar, 2 juta jiwa menjadi pekerja migran di Thailand.

Pemerintah Myanmar sejak 1990 memang mengalami kesulitan menyediakan lapangan kerja bagi rakyatnya. Makanya, banyak warga Myanmar menjadi pekerja migran di berbagai negara ASEAN seperti Singapura, Thailand, Brunei Darussalam, Kamboja, dan Malaysia. Sementara, pekerja migran Myanmar juga terdapat di Korea Selatan, Libya, Jepang, Swiss, AS, Perancis, Jerman, Kuwait, Qatar, dan Uni Emirat Arab (UEA).

KOMPAS.COM/FIRA ABDURACHMAN Bus umum di Yangoon, Myanmar masih menggunakan bus-bus tua.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.