Kompas.com - 14/09/2013, 13:25 WIB
|
EditorPalupi Annisa Auliani
COLORADO, KOMPAS.com - Setidaknya empat orang dipastikan tewas dalam banjir besar di Colorado, Amerika Serikat. Banjir ini telah memaksa ribuan orang mengungsi dan memutus akses jalan di sebagian besar wilayah barat Amerika. Sekitar 80 orang juga masih hilang di Boulder County, daerah yang paling terpukul oleh banjir bandang yang diperkirakan masih akan berlangsung sampai beberapa hari ke depan tersebut.

Terkait banjir ini, Presiden Barack Obama telah menandatangani Deklarasi Darurat Negara. Obama juga sudah memerintahkan bantuan dan sumber daya federal untuk mendukung upaya negara bagian dan lokal. Per Jumat (13/9/2013) waktu setempat, korban tewas keempat dipastikan jatuh. Rinciannya, tiga korban berasal dari Boulder County dan satu lagi di selatan Colorado Springs.

"Banyak masyarakat di pegunungan barat kami benar-benar terisolasi, tidak ada air, tidak ada tempat pembuangan kotoran, tidak ada saluran pembuangan, kami kehilangan setiap jalan yang mengarah ke ujung barat wilayah kami," kata Kantor Manajemen Darurat Boulder County Jumat petang. "Kami belum tahu sepenuhnya tentang rumah dan kehidupan yang hilang dalam lembah dan masyarakat gunung. Hal ini akan berlangsung selama beberapa hari," tambah pernyataan itu. 

Gambar dari siaran televisi memperlihatkan jalanan yang hancur dan berubah menjadi sungai berarus deras, dengan air berlumpur dan puing-puing yang hanyut, mengalir dari pegunungan di sepanjang daerah yang dikenal sebagai Front Range.

Banjir telah memutus akses kota-kota di pengunungan dan desa-desa di sekitar Boulder County, termasuk Jamestown dan Lyons. Dari dua wilayah itu, 2.500 orang diungsikan. Empat helikopter termasuk tiga Black Hawk diterbangkan untuk mengangkut personel dan perlengkapan penyelamatan masyarakat yang terjebak banjir, dan melakukan pengungsian medis di daerah. Para petugas medis di wilayah yang terkepung banjir tergantung kepada operasi udara karena jalanan yang terputus itu.

Masih dari pernyataan Kantor Manajemen Darurat Boulder County, disampaikan bahwa hujan diperkirakan masih akan berlangsung beberapa hari ke depan. Termasuk, sebut pernyataan itu, ramalan akan ada badai besar. Setelah cuaca membaik, biaya yang akan dibutuhkan untuk pemulihan daerah terlanda banjir diperkirakan akan sangat besar.

Gubernur Colorado John Hickenlooper memperingatkan bahwa banjir yang datang belakangan akan menjadi lebih berbahaya dibandingkan banjir awal karena akan dipenuhi puing dan lumpur. "Orang-orang akan mencoba berjalan di atas sesuatu yang tampak seperti pijakan atau air dangkal. Anda harus sadari ini nanti akan seperti semen cair, dan Anda dapat hanyut (ketika salah memijak)," kata Hickenlooper.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.