Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meksiko Bersiap Hadapi Topan Ingrid

Kompas.com - 14/09/2013, 11:14 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com — Pemerintah Meksiko bersiap menghadapi datangnya topan Ingrid sejak Jumat (13/9/2013). Menurut warta AP menyitir Badan Meteorologi AS, topan itu akan datang hingga Senin (16/9/2013) dini hari. Bentuknya, angin kencang dan hujan deras berkepanjangan.

Pada tahap awal, otoritas Meksiko sudah mengungsikan warga di kawasan Veracruz sepanjang sungai yang bermuara di Teluk Meksiko. "Pemerintah fokus pada delapan kota kecil di Veracruz di sepanjang Sungai Tecolutla," kata pihak Pemerintah Meksiko.

Kawasan penampungan sementara yang ditetapkan pemerintah adalah sekolah dan berbagai gedung pemerintah.

Secara rinci, Pusat Pemantauan Topan Nasional AS mengirimkan informasi kalau kawasan Teluk Meksiko memang menjadi tempat yang bakal dilalui Ingrid. "Kota pelabuhan Tampico, salah satunya," kata lembaga itu.

Sementara Pemerintah Meksiko mengumumkan kalau Ingrid bakal melalui wilayah mulai dari La Pesca di dekat perbatasan dengan AS hingga Tuxpan di selatan Tampico.

Ingrid berkekuatan tiupan angin hingga 60 mil per jam. Pusat topan itu ada di 65 mil atau 105 kilometer dari timur Veracruz. Prediksi cuaca menunjukkan kalau topan ini juga bakal bertandang ke utara dan cekungan Teluk Meksiko di dekat Tampico selama seminggu ke depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com