Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sindir Bencana Nuklir, Jepang Protes Majalah Satire Perancis

Kompas.com - 12/09/2013, 15:19 WIB
TOKYO, KOMPAS.com — Pemerintah Jepang, Kamis (12/9/2013), menyatakan kemarahan setelah serangkaian kartun yang dianggap melecehkan bencana PLTN Fukushima dimuat sebuah majalah mingguan terbitan Perancis.

Majalah satire, Le Canard Enchaine, memublikasikan kartun yang menampilkan seorang pesumo dengan kaki tambahan sedang berlaga di depan PLTN Fukushima yang rusak.

Kartun lain menampilkan dua orang yang berdiri di depan sebuah kolam air mengenakan pakaian anti-radiasi nuklir dan memegang alat penghitung radiasi Geiger.

Kedua orang itu berkata bahwa fasilitas olahraga air sudah selesai dibangun di Fukushima.

Kartun-kartun itu ditampilkan tampaknya ingin menyerang keputusan IOC yang memilih Tokyo menjadi tuan rumah Olimpiade 2020 meski krisis nuklir di Fukushima belum terselesaikan.

Sekretaris Kabinet Jepang Yoshihide Suga mengatakan, kedua kartun satire itu memberikan citra yang salah soal Jepang di mata dunia.

"Kartun satire seperti ini sangat menyakitkan bagi korban bencana," kata Suga dalam sebuah jumpa pers.

"Jurnalisme seperti ini yang memberikan impresi salah soal penanganan masalah air tercemar radiasi di Fukushima," tambah dia.

Pemerintah Jepang selalu mengklaim berhasil mengendalikan masalah pembuangan air teradiasi dari PLTN Fukushima dan menegaskan kondisi itu tidak akan memengaruhi olimpiade.

Suga menambahkan, Pemerintah Jepang dalam waktu dekat akan mengajukan protes resmi terhadap majalah Le Canard Enchaine.

Kurang dari setahun lalu, insiden serupa muncul juga di media Perancis yang dianggap menyindir bencana nuklir dan efeknya.

Stasiun televisi Perancis, France 2, menayangkan program "Kami Tidak Berbohong" yang menampilkan foto Eiji Yoshikawa, penjaga gawang timnas Jepang, yang memiliki empat lengan.

Acara tersebut menjelaskan keempat tangan Yoshikawa itu merupakan efek Fukushima sehingga Yoshikawa sangat piawai menjaga gawangnya.

Sindiran itu muncul setelah Yoshikawa tampil cemerlang dalam laga Jepang melawan Perancis yang berakhir dengan kekalahan Les Blues.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com