Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rusia Tawarkan Sistem Persenjataan S-300 ke Iran

Kompas.com - 11/09/2013, 18:39 WIB
MOSKWA, KOMPAS.com — Presiden Rusia Vladimir Putin, Rabu (11/9/2013), menawarkan sistem rudal pertahanan udara S-300 ke Iran.

Selain itu, Rusia juga menawarkan jasa untuk membangun reaktor nuklir kedua di PLTN Bushehr. Demikian harian bisnis terbitan Rusia, Kommersant, melaporkan.

Menurut sejumlah sumber di Kremlin, Putin akan menawarkan persenjataan canggih itu kepada Presiden Iran Hassan Rohani saat keduanya bertemu di KTT Organisasi Kerja Sama Shanghai yang digelar di Kyrgyzstan, pada Jumat mendatang.

Rusia pada 2007 menandatangani kontrak untuk mengirimkan lima rudal darat ke udara kepada Iran dengan harga 800 juta dollar AS.

Pada 2010, presiden Rusia saat itu, Dmitry Medvedev, membatalkan kontrak setelah mendapat tekanan kuat dari AS dan Iran.

Keputusan Medvedev itu menuai protes keras dari Pemerintah Iran.

Sumber itu kepada Kommersant mengatakan bahwa tawaran baru Rusia ini seluruhnya tergantung pada kemauan Iran menarik tuntutan hukum sebesar 4 miliar dollar AS di mahkamah internasional terhadap perusahaan persenjataan Rusia.

Masih menurut Kommersant, Putin akan menawarkan kepada Teheran versi modifikasi S-300, yaitu S-300VM Antey-2500.

Selain soal persenjataan, Putin juga dikabarkan siap menandatangani kerja sama dengan Iran untuk membangun reaktor kedua di PLTN Bushehr.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com