Kompas.com - 10/09/2013, 15:53 WIB
|
EditorJosephus Primus
KOMPAS.com — Iran mendukung rencana Rusia agar Suriah memberi izin pengawasan internasional terhadap senjata kimia di negeri itu. Secara rinci, tulis AP pada Selasa (10/9/2013), proposal itu juga mengarah pada penghancuran senjata kimia milik Suriah. Demikian kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Iran di Tehran Marzieh Afkham.

"Iran mendukung inisiatif Rusia untuk mengakhiri rencana militerisasi wilayah Suriah dan sekitarnya," kata Marzieh Afkham.

Menurut Afkham lebih lanjut, Iran ikut menentang penggunaan senjata kimia. "Kami berharap, Timur Tengah bebas dari senjata kimia," tuturnya.

Sebelumnya, Moskwa, Senin, mengumumkan inisiatif untuk mendorong Suriah memberikan izin pengawasan internasional terhadap senjata kimia di negara tersebut. Menurut Rusia, langkah ini dapat mencegah aksi militer yang tengah digalang dukungannya oleh Amerika Serikat.

Wakil Penasihat Keamanan Nasional Amerika, Ben Rhodes, mengatakan kepada MSNBC bahwa Washington tak akan mengendurkan tekanan ke Damaskus, meski ada usul baru dari Rusia itu. "Kami dan negara lain harus menilai keseriusan proposal (Rusia) ini. (Namun) pada saat yang sama, sangat penting bagi kami untuk tidak mengurangi tekanan (ke Suriah)," tegas dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.