Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/09/2013, 15:53 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com — Iran mendukung rencana Rusia agar Suriah memberi izin pengawasan internasional terhadap senjata kimia di negeri itu. Secara rinci, tulis AP pada Selasa (10/9/2013), proposal itu juga mengarah pada penghancuran senjata kimia milik Suriah. Demikian kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Iran di Tehran Marzieh Afkham.

"Iran mendukung inisiatif Rusia untuk mengakhiri rencana militerisasi wilayah Suriah dan sekitarnya," kata Marzieh Afkham.

Menurut Afkham lebih lanjut, Iran ikut menentang penggunaan senjata kimia. "Kami berharap, Timur Tengah bebas dari senjata kimia," tuturnya.

Sebelumnya, Moskwa, Senin, mengumumkan inisiatif untuk mendorong Suriah memberikan izin pengawasan internasional terhadap senjata kimia di negara tersebut. Menurut Rusia, langkah ini dapat mencegah aksi militer yang tengah digalang dukungannya oleh Amerika Serikat.

Wakil Penasihat Keamanan Nasional Amerika, Ben Rhodes, mengatakan kepada MSNBC bahwa Washington tak akan mengendurkan tekanan ke Damaskus, meski ada usul baru dari Rusia itu. "Kami dan negara lain harus menilai keseriusan proposal (Rusia) ini. (Namun) pada saat yang sama, sangat penting bagi kami untuk tidak mengurangi tekanan (ke Suriah)," tegas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com