Kompas.com - 10/09/2013, 06:14 WIB
|
EditorPalupi Annisa Auliani
WASHINGTON, KOMPAS.com — Presiden Amerika Serikat Barack Obama mengaku sebelumnya sudah berbicara dengan Presiden Rusia Vladimir Putin tentang rencana baru yang diajukan Rusia untuk solusi Suriah.

Rusia mengajukan usul sebagai solusi masalah Suriah, berupa permintaan kepada Suriah untuk membuka akses pengawasan senjata kimia oleh kalangan internasional. Suriah telah menyambut ide tersebut, Senin (9/9/2013), sebagai upaya mencegah aksi militer Amerika ke Suriah.

Namun, usulan yang diajukan Rusia ditanggapi santai oleh Menteri Luar Negeri Amerika Serikat. Sekjen PBB pun tak terlalu antusias dengan usul yang diajukan Rusia itu.

Kepada "NewsHour" di PBS, Obama mengatakan, ia dan Putin tidak membahas usul tersebut ketika keduanya bertemu di hajatan G-20 yang berlangsung di Rusia, pekan lalu. Menurut Obama, pembahasan soal usul baru Rusia digelar dadakan pada Jumat (6/9/2013).

Obama mengatakan, percakapan kedua pemimpin negara tersebut berlangsung selama 20 menit. Menurut dia, percakapan itu merupakan bagian dari pembicaraan lanjutan tentang upaya mengamankan senjata kimia Suriah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber APW


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.