Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soal Ide Rusia untuk Suriah, Obama Mengaku Sudah Bicara dengan Putin

Kompas.com - 10/09/2013, 06:14 WIB
Palupi Annisa Auliani

Penulis

Sumber APW
WASHINGTON, KOMPAS.com — Presiden Amerika Serikat Barack Obama mengaku sebelumnya sudah berbicara dengan Presiden Rusia Vladimir Putin tentang rencana baru yang diajukan Rusia untuk solusi Suriah.

Rusia mengajukan usul sebagai solusi masalah Suriah, berupa permintaan kepada Suriah untuk membuka akses pengawasan senjata kimia oleh kalangan internasional. Suriah telah menyambut ide tersebut, Senin (9/9/2013), sebagai upaya mencegah aksi militer Amerika ke Suriah.

Namun, usulan yang diajukan Rusia ditanggapi santai oleh Menteri Luar Negeri Amerika Serikat. Sekjen PBB pun tak terlalu antusias dengan usul yang diajukan Rusia itu.

Kepada "NewsHour" di PBS, Obama mengatakan, ia dan Putin tidak membahas usul tersebut ketika keduanya bertemu di hajatan G-20 yang berlangsung di Rusia, pekan lalu. Menurut Obama, pembahasan soal usul baru Rusia digelar dadakan pada Jumat (6/9/2013).

Obama mengatakan, percakapan kedua pemimpin negara tersebut berlangsung selama 20 menit. Menurut dia, percakapan itu merupakan bagian dari pembicaraan lanjutan tentang upaya mengamankan senjata kimia Suriah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber APW
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com