Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ledakan di Sebuah Sekolah Dasar di China, 2 Tewas

Kompas.com - 09/09/2013, 18:19 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

BEIJING, KOMPAS.com — Sebuah ledakan di luar sebuah sekolah dasar di kota Guilin, Wilayah Otonomi Guanxi Zhuang, China, Senin (9/9/2013), menewaskan dua orang dan melukai 34 orang, 26 korban di antaranya adalah anak sekolah.

Ledakan itu terjadi ketika seorang pria yang mengendarai sepeda motor melintasi gerbang sekolah di saat anak-anak baru tiba di sekolah itu. Demikian kantor berita China, Xinhua, melaporkan.

"Pertama, sepeda motor itu terbakar dan meledak sangat keras. Suara ledakan bisa didengar dari jauh," kata seorang saksi mata.

Seorang pria dan wanita tewas di tempat kejadian sementara 34 orang terluka. Di antara korban luka terdapat 26 orang pelajar dan dua bayi.

Para korban luka ini langsung dibawa ke sebuah rumah sakit militer di Guilin. Lima korban luka masih dalam kondisi kritis.

Sejauh ini belum diketahui penyebab kecelakaan dan apakah pengendara sepeda motor ada di antara korban.

Setelah insiden ledakan ini, kepolisian Guilin langsung melakukan pencarian keberadaan bahan peledak ilegal.

China didera sejumlah serangan dengan sasaran anak sekolah dalam beberapa tahun belakangan, termasuk lima serangan pada 2010 yang menewaskan 15 anak-anak, dua orang dewasa, dan melukai lebih dari 80 orang.

Sebagian besar pelaku serangan ke sekolah itu menggunakan pisau.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com