Kompas.com - 09/09/2013, 15:15 WIB
|
EditorJosephus Primus
KOMPAS.com - Partai Buruh Australia alias Aussie (ALP) tengah menggadang-gadang dua nama untuk tampuk kepemimpinan berikut. Catatan AAP pada Senin (9/9/2013) menunjukkan Anthony Albanese bakal berhadapan dengan Bill Shorten.

Albanese saat ini adalah pemimpin petahana ALP. Termutakhir, ALP baru saja mengakui kekalahan Kevin Ruud saat untuk kursi perdana menteri Negeri Kanguru itu, kemarin. Lawannya, sang pemenang adalah Anthony Abbot dari Partai Liberal.

Sementara itu, Kevin Ruud sudah mengumumkan kalau dirinya tak akan ikut serta dalam kontes kepemimpinan ALP. Selain Rudd, dua anggota parlemen Australia dari ALP juga sudah mengatakan tak ikut bursa pemilihan. Keduanya adalah mantan menteri keuagan Chris Bowen dan Wayne Swan. "Tapi, saya akan mengikuti kebijakan pemimpin ALP terbaru,"kata Bowen.

Adalah Kevin Ruud yang membuat peraturan teranyar pemilihan ketua ALP. Andai ada lebih dari satu kandidat ketua, hanya kaukus ALP yang diizinkan memasukkan nama calon pemimpin. Kepemimpinan nantinya akan berdasarkan pada 50 persen suara kaukus dan 50 persen suara akar rumput ALP.

Konsultasi

Sementara itu, Bill Shorten dalam salah satu pernyataannya mengatakan kalau dirinya bakal berkonsultasi dengan keluarganya. "Saya akan berkonsultasi dengan keluarga sebelum memutuskan ikut atau tidak dalam pemilihan ketua ALP,"katanya.

Petahana Anthony Albanese sejatinya sudah dua kali jadi penantang dalam pemilihan ketua ALP. Selain bakal menyaingi Shorten, Albanese sempat pula menjadi pesaing Kevin Rudd.

Sementara itu, Bill Shorten dalam catatan media lokal mendapat dukungan dari Simon Crean. Tokoh ini pun pernah menjadi orang nomor satu di ALP.

"Bill Shorten adalah person yang mengerti pergerakan secara luas, paham bisnis, dan memiliki gaya kepemimpinan tersendiri,"kata Simon Crean dalam wawancara dengan ABC, Sabtu pekan lalu.


 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.