Kompas.com - 09/09/2013, 12:52 WIB
|
EditorJosephus Primus
KOMPAS.com -Panel Konstitusi teranyar Mesir berisi tokoh-tokoh beragam. Catatan MENA pada Senin (9/9/2013) pagi menunjukkan pemimpin panel yang berisi 50 anggota itu adalah Amr Moussa.


Sosok Moussa bukanlah orang baru dalam perkembangan politik Mesir. Soalnya, pria kelahiran Kairo pada 3 Oktober 1936 ini adalah mantan Sekretaris Jenderal Liga Arab. Sepuluh tahun lamanya, Moussa menduduki jabatan ini sampai dengan 1 Juni 2011.

Tak cuma itu, putra mantan anggota parlemen Mesir Mohammad Moussa ini adalah mantan Menteri Luar Negeri Mesir periode 1991 sampai dengan 2001. Periode 1958 sampai dengan 1972 adalah masa bagi Moussa menjalani pekerjaan sebagai diplomat karier mulai dari Swiss, PBB hingga India.

Terkait panel tersebut, tercatat ada 3 wakil dari Al-Azhar, institusi religius utama warga sunni. Lalu, ada 3 pemuka agama Kristen. Masuk juga di panel ini adalah pakar pendidikan dari universitas dan kelompok seniman Mesir.

Kemudian, 4 anggota panel berasal dari kalangan pemuda. Mereka memegang peran penting saat menggulingkan Hosni Mubarak hingga Mohamed Morsi.

Selanjutnya, masih ada 2 kursi bagi kelompok Islam lainnya. Satu untuk Ikhwanul Muslimin (IM). Satu lagi untuk kelompok Islam ultrakonservatif Salafi, Partai Nour.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.