Kompas.com - 09/09/2013, 12:44 WIB
EditorEgidius Patnistik
PARIS, KOMPAS.COM - Menteri Luar Negeri AS, John Kerry, mengatakan para menteri Liga Arab sepakat dalam pembicaraan di Paris bahwa Suriah sudah melewati "garis merah global" terkait dugaan serangan senjata kimia.

Kerry mengatakan, sejumlah negara Arab bersedia untuk menandatangani pernyataan yang disepakati 12 negara G-20 yang menyerukan sebuah reaksi atas serangan yang dituduhkan itu, dan bahwa mereka akan membuat pengumuman dalam 24 jam ke depan.

"Kita semua setuju, tak satu pun yang tidak setuju, bahwa penggunaan senjata kimia oleh Assad... melewati sebuah garis merah global," kata Kerry kepada wartawan setelah pembicaraan itu. "Hari ini (Minggu, 8/9) kami membahas langkah-langkah yang mungkin dan perlu yang dapat diambil. Sejumlah negara segera menandatangani kesepakatan G-20 itu," kata Kerry, yang menyebut Arab Saudi sebagai satu di antara negara itu.

"Saya tidak akan menyebutkan nama negara-negara lain karena kami sepakat dalam pertemuan, mereka akan kembali dan membuat pengumuman sendiri, yang akan mereka lakukan dalam waktu 24 jam ke depan," kata Kerry.

Kerry bertemu dengan Menteri Luar Negeri Arab Saudi, Saud al-Faisal, yang kata dia telah menyatakan dengan jelas dukungan negaranya terhadap aksi militer.

"Mereka mendukung serangan itu dan mereka telah mendukung untuk mengambil tindakan," kata Kerry.

Menteri Luar Negeri Qatar, Khaled al-Attiyah, mengatakan dugaan serangan pada 21 Agustus memperlihatkan rezim Bashar al-Assad telah bergerak dari perang konvensional ke "senjata pemusnah massal". "Jika masyarakat internasional benar-benar ingin melindungi perdamaian dan keamanan internasional, tidak cukup berdiri diam sementara orang-orang yang tidak bersenjata diserang dengan senjata-senjata seperti itu," katanya.

Pembicaraan hari Minggu itu mempertemukan para pejabat dari Liga Arab, Bahrain, Mesir, Yordania, Kuwait, Maroko, Palestina, Qatar, Uni Emirat Arab dan Arab Saudi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.