Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vatikan Memulai Berdoa, Yang Lain Berbondong-bondong Menyusul

Kompas.com - 07/09/2013, 16:59 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Vatikan memulai ajakan doa, berpantang, dan berpuasa pada Sabtu (7/9/2013) untuk perdamaian sekaligus menentang intervensi militer terhadap Suriah. Semuanya memang berawal dari ajakan Paus Fransiskus yang prihatin dengan makin memburuknya krisis di Suriah. Paus yang terpilih pada Maret 2013 itu sempat juga meminta agar negara-negara yang tergabung dalam G-20 menyingkirkan tentara mereka dari Suriah.

G-20, kaukus negara-negara, termasuk Indonesia, dengan penguasaan 90 persen produk domestik bruto (PDB) dunia memang berisikan negara-negara besar yang punya potensial bersilang selisih soal Suriah. AS dan kebanyakan negara-negara Eropa Barat berada di kubu yang ingin mengintervensi Suriah secara militer. Sementara, China dan Rusia, memilih solusi politik demi tuntasnya krisis Suriah.

Catatan media AP dan Bangkok Post hari ini, bahkan hingga berita ini diunggah, menunjukkan kalau ajakan Paus Fransiskus mendapat dukungan dari berbagai negara dengan keberagaman agama. Dari Baghdad hingga Jerusalem disambung dari Buenos Aires ke Mumbai, ada berbagai inisiatif menyambut ajakan pria bernama asli Jorge Mario Bergoglio. "Inisiatif juga datang dari berbagai kalangan mulai dari Washington DC hingga Beirut," tulis kedua media tersebut.

Ciri

OSSERVATORE ROMANO / AFP Paus Fransiskus

Sebetulnya, ajakan kemanusiaan oleh Paus kelahiran 17 Desember 1936 ini bukan yang pertama. Bak menjadi ciri Vatikan, hari doa sedunia pernah terwujud saat mendiang Paus Yohanes Paulus II, kala itu, menyerukan hal senada saat serangan 11 September 2001 di New York AS. Vatikan memulai, yang lain berbondong-bondong menyusul untuk tujuan mulia pula.

Sebelumnya, Yohanes Paulus II juga pernah mengajak dunia berdoa untuk perdamaian di Irak pada 2003. "Ajakan doa itu membuat seluruh dunia kembali menjadi satu keluarga dalam kemanusiaan,"kenang Kardinal Perancis Roger Etchegaray.

Pendahulu Paus Yohanes Paulus II, Paus Paulus VI, ternyata juga pernah melakukan ajakan kemanusiaan, berdoa. Waktu itu, sekitar 1960-an dunia tengah terlanda Perang Vietnam. Keprihatinan atas kondisi kemanusiaan kala perang itulah yang juga menggerakan Paus Paulus VI membuat langkah kemanusiaan tersebut.

CNN.com Ini adalah peta terdampak serangan pada Rabu (21/8/2013) di Suriah, yang menjadi lampiran dalam laporan intelijen Amerika Serikat yang dipublikasikan akhir pekan lalu. Data dalam peta ini juga dikutip dalam laporan intelijen Inggris dan Perancis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com