Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tony Abbott, Mantan Wartawan yang Doyan Olahraga

Kompas.com - 07/09/2013, 14:52 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com — Pertarungan merebut posisi "Australia Satu" mengerucut antara Kevin Rudd dan Tony Abbott. Sebetulnya, Abbott bukan asli Australia. Soalnya, dia lahir di Inggris pada 1957. Pada 1960, tulis AP, barulah keluarga besarnya kembali ke Benua Kanguru.

Tony Abbott yang berasal dari Partai Liberal ini adalah lulusan Universitas Sydney dengan dua gelar di bidang hukum dan ekonomi. Lantaran mendapat beasiswa Rhodes di Universitas Oxford, Abbott sukses meraih gelar master untuk studi politik dan filsafat.

Di Oxford inilah kegemaran Abbott berolahraga menjadi-jadi. Dia paling sering ikut kompetisi-kompetisi bela diri di kampus. Bahkan, selama bersekolah, di bagian olahraga "baku pukul", Abbott sukses dua kali menjadi peraih Anugerah Biru. Di Oxford, Anugerah Biru hanya pantas menjadi milik juara.

Sebelum masuk ke dunia politik pada 1990, Abbott berkarier sebagai wartawan. Dia piawai menulis features untuk The Bulletin dan The Australian. Sementara itu, karier politiknya dimulai sejak dia menjadi sekretaris bidang pers untuk pemimpin oposisi Australia, John Hewson.

Kemudian pada 1996, ia terpilih menjadi Sekretaris Menteri Tenaga Kerja, Pendidikan, Pelatihan, dan Urusan Kepemudaan. Hingga 2007, Abbott kebanyakan menjabat sebagai menteri. Pada 2009, barulah dirinya menjadi pemimpin oposisi.

Bersama istrinya, Margie, pria bernama lengkap Anthony John Abbott ini punya tiga anak. Mereka adalah Louise, Bridget, dan Frances.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com