Kompas.com - 07/09/2013, 06:28 WIB
|
EditorPalupi Annisa Auliani

BRISBANE, KOMPAS.com — Jajak pendapat terakhir sebelum Pemilu Australia menempatkan Tony Abbot mengungguli Kevin Rudd. Keunggulan juga diraup koalisi oposisi yang mengusung Abbot.

Koalisi mendapatkan dukungan 46 persen suara responden, sementara Partai Buruh yang mengusung Rudd mendapatkan 33 persen dukungan. Sembilan persen suara yang lain diperkirakan akan direbut Partai Greens, dan 12 persen suara selebihnya diperebutkan puluhan partai lain yang ikut dalam pemilu ini.

Data survei tersebut dikutip dari The Australian, Sabtu (7/9/2013), berdasarkan jajak pendapat Newspoll. Rakyat Australia akan mencoblos pada Sabtu pagi sampai pukul 18.00 waktu setempat.

Hasil pemilu yang menentukan pemimpin pemerintahan Australia untuk 3 tahun ke depan diperkirakan sudah dapat diperoleh pada Minggu (8/9/2013). Tak kurang dari 54 partai politik, termasuk partai kecil, mengikuti pemilu ini, memperebutkan sekitar 14 juta suara pemilih Australia.

Survei juga menanyakan pendapat para responden, siapa menurut mereka yang akan lebih baik menjadi perdana menteri. Hasilnya, 45 persen memilih Abbot dan 43 persen Rudd.

Namun, hanya 44 persen responden menyatakan puas dengan kinerja Abbot selama memimpin koalisi oposisi dan 50 persen responden justru menyatakan tak puas. Adapun kinerja Rudd bersama Partai Buruh yang saat ini berkuasa, berdasarkan survei itu hanya memuaskan 33 persen responden dan 58 persen responden mengaku tak puas.

Menurut The Australian, hasil jajak pendapat ini mengindikasikan Partai Buruh akan kehilangan 32 sampai 50 kursi parlemen. Jajak pendapat dilakukan terhadap 2.511 calon pemilih, digelar pada 3 sampai 5 September 2013.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.