Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Antisipasi Serangan AS, Turki Kerahkan Militer ke Perbatasan

Kompas.com - 06/09/2013, 20:41 WIB
TEHERAN, KOMPAS.com — Turki meningkatkan kehadiran militernya di sepanjang perbatasan negeri itu dengan Suriah sebagai antisipasi intervensi militer Amerika Serikat. Demikian sejumlah media Turki melaporkan Jumat (6/9/2013).

Sebuah konvoi 20 kendaraan ditambah satu kontingen tank dikirim ke kawasan Yayladagi, Provinsi Hatay, yang dekat dengan perbatasan Suriah pada Rabu (4/9).

Lalu, sehari kemudian, 15 kendaraan militer dikirim kembali ke wilayah yang sama. Demikian kabar dari kantor berita Turki, Dogan.

Pengiriman kendaraan militer itu merupakan langkah terbaru Turki dalam memperkuat keamanan perbatasan sepanjang 900 kilometer dengan tetangganya yang sedang dilanda perang saudara itu.

Pada awal 2012, Turki sudah mengirimkan sejumlah tank dan persenjataan artileri ke perbatasan dengan Suriah, beberapa bulan setelah konflik bersenjata Suriah pecah.

Awal tahun ini, Turki juga mengerahkan sistem pertahanan udara Patriot untuk mengantisipasi terjadinya serangan dari Suriah.

Turki, yang sejak konflik bersenjata pecah memilih posisi berseberangan dengan rezim Bashar al-Assad, kini menampung setidaknya 500.000 orang pengungsi di wilayahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com