Kompas.com - 06/09/2013, 20:41 WIB
EditorErvan Hardoko
TEHERAN, KOMPAS.com — Turki meningkatkan kehadiran militernya di sepanjang perbatasan negeri itu dengan Suriah sebagai antisipasi intervensi militer Amerika Serikat. Demikian sejumlah media Turki melaporkan Jumat (6/9/2013).

Sebuah konvoi 20 kendaraan ditambah satu kontingen tank dikirim ke kawasan Yayladagi, Provinsi Hatay, yang dekat dengan perbatasan Suriah pada Rabu (4/9).

Lalu, sehari kemudian, 15 kendaraan militer dikirim kembali ke wilayah yang sama. Demikian kabar dari kantor berita Turki, Dogan.

Pengiriman kendaraan militer itu merupakan langkah terbaru Turki dalam memperkuat keamanan perbatasan sepanjang 900 kilometer dengan tetangganya yang sedang dilanda perang saudara itu.

Pada awal 2012, Turki sudah mengirimkan sejumlah tank dan persenjataan artileri ke perbatasan dengan Suriah, beberapa bulan setelah konflik bersenjata Suriah pecah.

Awal tahun ini, Turki juga mengerahkan sistem pertahanan udara Patriot untuk mengantisipasi terjadinya serangan dari Suriah.

Turki, yang sejak konflik bersenjata pecah memilih posisi berseberangan dengan rezim Bashar al-Assad, kini menampung setidaknya 500.000 orang pengungsi di wilayahnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.