Kompas.com - 06/09/2013, 20:02 WIB
EditorErvan Hardoko
BEIRUT, KOMPAS.com - Kedutaan besar Amerika Serikat di Beirut, Jumat (6/9/2013), mengevakuasi para staf non-esensial da keluarganya dari Lebanon karena adanya ancaman terhadap fasilitas dan personel AS di negeri itu.

"Pada 6 September 2013, Kementerian Luar Negeri menarik personel non-esensial dari kedutaan besar di Beirut karena adanya ancaman terhadap fasilitas dan personel misi diplomatik AS," demikian pernyataan Kemenlu AS di situs resminya.

Sejauh ini belum diperoleh informasi detil soal jenis ancaman itu dan jumlah personel kedubes yang ditarik pulang.

Penarikan mundur sejumlah staf ini terjadi hanya sepekan setelah Dubes AS yang baru untuk Lebanon, David Hale, tiba di Beirut.

Selain itu, Kemenlu juga memperingatkan warga AS agar tidak bepergian ke Lebanon jika tidak diperlukan dan mengimbau warga AS di negeri itu untuk segera meninggalkan Lebanon.

Bulan lalu, Inggris juga memberikan peringatan serupa dan mengimbau agar menunda perjalanan ke Lebanon karena meningkatnya sentimen anti-Barat, terkait kemungkinan serangan militer ke Suriah.

Namun, Kemenlu Inggris belum memerintahkan penarikan mundur staf misi diplomatiknya di dari kedubesnya di Beirut.

Konflik bersenjata di Suriah mulai "merembes" ke Lebanon yang juga menampung setidaknya 700.000 pengungsi Suriah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.