Kompas.com - 06/09/2013, 19:12 WIB
|
EditorJosephus Primus

KOMPAS.com —
China mendukung PBB untuk mencari solusi menyelesaikan krisis Suriah. Juru Bicara Menteri Luar Negeri China Hong Lei pada Jumat (6/9/2013) mengemukakan hal itu di Beijing, sebagaimana warta Xinhua. "Kami berharap berbagai pihak terkait tetap memberi perhatian untuk mencari solusi negosiasi mendalam dan damai untuk Suriah," kata Hong Lei.

Sejauh ini, AS masih bersikukuh akan menyerang Suriah secara militer. Negeri Uak Sam (US)  melalui duta besarnya di PBB Samantha Power berpendapat kalau Rusia menyandera Dewan Keamanan PBB. "Pasalnya Rusia bertahan untuk menentang resolusi intervensi militer terhadap Suriah," katanya.

Hong Lei mengatakan kalau China juga memberi dukungan kepada usaha mediasi Lakhdar Brahimi, utusan Liga Arab untuk Suriah. "Komunitas internasional harus segera membuat konferensi internasional segera tentang Suriah," kata Hong Lei.

Saat ini, Brahimi dan Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon bertandang ke Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G-20 di Saint Petersburg. Keduanya berupaya agar ada pencapaian solusi politik untuk menghentikan pertikaian berdarah di Suriah.

Hingga sekarang, tim investigasi PBB juga tengah menyelidiki bahan-bahan temuan dari Suriah. Tudingan penggunaan senjata kimia mencuat ke permukaan pada serangan 21 Agustus 2013 di kawasan Ghouta, Damaskus. Tercatat, korban tewas hingga 2.000 orang lebih.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.