Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dapat Pekerjaan Lebih Baik, Kosmonot Rusia Mengundurkan Diri

Kompas.com - 06/09/2013, 17:24 WIB
MOSKWA, KOMPAS.com - Seorang kosmonot veteran Rusia yang bertugas memimpim Stasiun Angkasa Luar Internasional (ISS) pada 2015 tiba-tiba mengundurkan diri.

Kosmonot Yuri Lonchakov mengajukan surat pengunduran dirinya ke badan angkasa luar federal Rusia, Roscosmos, Kamis (5/9/2013).

Sejumlah media Rusia mengutip kepala Pusat Pelatihan Kosmonot Gagarin Sergei Krikalev yang  mengatakan Lonchakov akan resmi tidak bertugas pada 14 September mendatang.

"Dia datang dan mengatakan bahwa dia mendapatkan pekerjaan yang lebih baik ketimbang bekerja di luar angkasa," kata Sergei Krikalev.

Lonchakov dijadwalkan bertugas menjadi komandan wahana angkasa luar Rusia Soyuz TMA -16M, yang akan diluncurkan pada Maret 2015 bersama dengan Kosmonot Mikhaol Kornienko dan astronot AS Scott Kelly.

Di ISS, Lonchakov akan bergabung dengan kru ekspedisi 43 sebagai teknisi penerbangan sebelum mengambil alih komando ISS sebagai pemimpin Ekspedisi 44 pada Mei 2015 hingga kembali ke Bumi pada Oktober 2015.

Lonchakov (48) bergabung dengan korps kosmonot Rusia pada 1997 dan sudah tiga kali terbang ke ISS.

Misi pertamanya bersama pesawat ulang alik Endeavour sebagai anggota kru STS-100 pada 2001.

Tahun berikutnya, Lonchakov terbang bersama wahana angkasa luar Soyuz TMA-1, wahana kelas TMA pertama selama 10 hari di ISS.

Misi ketiga dan terakhir Lonchakov adalah pada Oktiber 2008 bersama Soyuz TMA-13 sekaligus menjadi kosmonot ke-100 yang menggunakan Soyuz.

Dalam misi ini Lonchakov menghabiskan 178 hari di angkasa luar, yang membuat pengalamannya ke luar Bumi menjadi 200 hari dan 19 jam.

Lonchakov bukan angkasawan pertama yang mengundurkan diri untuk mengejar karier baru. Astronot AS Joan Higginbotham meninggalkan NASA pada November 2007 dan menjadi wakil presiden  sebuah perusahaan minyak.

Pengunduran diri Joan terjadi hanya sebuah setelah dia terpilih menjadi kru STS-126, yang merupakan misi keduanya bersama pesawat ulang alik NASA.

Sejauh ini pekerjaan baru yang membuat Yuri Lonchakov mengundurkan diri tidak diungkapkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber SPACE.COM
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com