Kompas.com - 06/09/2013, 17:03 WIB
EditorErvan Hardoko
MOSKWA, KOMPAS.com — Kantor berita Rusia, Interfax, Jumat (6/9/2013), mengabarkan, Rusia mengirimkan satu lagi kapal perang dari armada Laut Hitam ke Suriah.

Mengutip sumber di angkatan laut, Interfax mengatakan, kapal jenis  landing ship tank (LST) itu meninggalkan pelabuhan Sevastopol, Laut Hitam, Jumat pagi, untuk menuju Laut Tengah dan membawa "kargo spesial".

Kementerian Pertahanan Rusia tidak bisa memberikan konfirmasi soal kabar keberangkatan kapal perangnya ini.

Pada Kamis (5/9/2013), Panglima Angkatan Bersenjata Rusia Sergei Ivanov mengatakan, Rusia sedang berusaha untuk meningkatkan kehadiran angkatan lautnya di Laut Tengah.

Namun, tugas utama angkatan laut di Laut Tengah adalah untuk membantu evakuasi warga Rusia di Suriah jika diperlukan. Sejauh ini, tidak diketahui jumlah kapal perang Rusia di kawasan itu.

Kabar tentang bertambahnya kapal perang Rusia di perairan dekat Suriah meningkatkan kekhawatiran pecahnya konflik internasional jika Amerika Serikat benar-benar akan menyerang rezim Suriah.

Sebelumnya, Rusia telah mengirimkan kapal pengintai dari armada Laut Hitam Priazovye SSV-201 ke Laut Tengah.

Sementara itu, Amerika Serikat setidaknya sudah menyiagakan lima kapal perang yang mengangkut 200 rudal jarak menengah Tomahawk di sekitar Laut Tengah.

Sementara, gugus tugas kapal induk USS Nimitz yang didampingi kapal perusak dan penjelajah kini bersiaga di Laut Arab dan dapat dikerahkan untuk membantu operasi militer AS terhadap Suriah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.