Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kian Lama, Hubungan AS-Pakistan Bisa Terjegal "Drone"

Kompas.com - 06/09/2013, 16:00 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Pakistan mengecam serangan pesawat nirawak (drone) AS di wilayah kesukuannya di Ghulam Khan yang dekat dengan perbatasan negara itu dengan Afganistan. Serangan mematikan pada Jumat (6/9/2013) itu menewaskan sedikitnya lima orang. "Ini serangan sepihak dan mengganggu kedaulatan Pakistan,"kata pernyataan Kementerian Luar Negeri Pakistan sebagaimana warta AP.

Sampai berita ini diunggah, belum ada informasi soal identitas para korban serangan pesawat nirawak itu. Lokasi serangan itu tepatnya berada di Provinsi Waziristan Utara.

Sebetulnya, dalam seminggu ini sudah kali kedua AS menyerang dengan pesawat nirawak. Serangan pertama terjadi pada 31 Agustus 2013. Lokasinya ada di kawasan Heso Khel di timur Miranshah. Dalam serangan ini, sedikitnya empat orang tewas.

Sementara itu, terkait dengan serangan pesawat nirawak itu, pejabat Pakistan sudah berbicara dengan pihak AS untuk mencari solusi terbaik. Menurut pejabat tersebut, lama-kelamaan, serangan pesawat nirawak AS bisa menjegal hubungan bilateral kedua negara.

Mengutip pendapat Menteri Luar Negeri AS John Kerry dua minggu silam, AS hanya menargetkan anggota Taliban dan Al Qaeda. Sementara, sejak awal 2013, sudah 19 kali serangan pesawat nirawak AS ke Pakistan. Serangan-serangan itu sudah membunuh sedikitnya 120 orang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com