Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Drone" Amerika Kembali Hajar Perbatasan Pakistan, 6 Tewas

Kompas.com - 06/09/2013, 03:59 WIB
Palupi Annisa Auliani

Penulis

Sumber
MIRANSHAH, KOMPAS.com — Pesawat tak berawak (drone) Amerika Serikat menembakkan dua rudal ke satu kawasan permukiman di barat laut Pakistan, Jumat (6/9/2013) dini hari. Enam orang dikabarkan tewas.

Serangan itu terjadi di Dargah Mandi, sekitar 10 kilometer (enam mil) dari Miranshah, kota utama di distrik suku Waziristan Utara, di sepanjang perbatasan Afganistan. "Itu adalah serangan pesawat tak berawak AS. Enam militan (Afganistan) tewas, jumlah korban tewas mungkin meningkat," kata seorang pejabat keamanan di Miranshah kepada AFP.

Wilayah yang menjadi sasaran serangan ini dituding sebagai basis jaringan Haqqani Al-Qaeda. Pejabat di Miranshah kepada AFP mengatakan bahwa semua orang yang tewas adalah pejuang Haqqani.

Pejabat di Peshawar mengatakan identitas mereka yang tewas belum jelas. Serangan pesawat tak berawak AS mendapat banyak kecaman di Pakistan. Namun, Amerika bersikukuh mengatakan drone merupakan alat yang vital dalam menghadapi Taliban dan militan Al Qaeda di wilayah suku-suku yang tak terjangkau di sepanjang perbatasan Pakistan dan Afganistan.

Pemerintah Pakistan telah berulang kali memprotes serangan pesawat tak berawak sebagai pelanggaran kedaulatan. Atas protes itu, penggunaan pesawat tersebut sedikit berkurang. Selama kunjungan ke Islamabad pada awal Agustus 2013, Menteri Luar Negeri AS John Kerry menyatakan bahwa serangan pesawat tak berawak yang menargetkan Taliban dan AlQaeda di Pakistan bisa "segera" diakhiri begitu ancaman militan surut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com