Kompas.com - 06/09/2013, 03:59 WIB
|
EditorPalupi Annisa Auliani
MIRANSHAH, KOMPAS.com — Pesawat tak berawak (drone) Amerika Serikat menembakkan dua rudal ke satu kawasan permukiman di barat laut Pakistan, Jumat (6/9/2013) dini hari. Enam orang dikabarkan tewas.

Serangan itu terjadi di Dargah Mandi, sekitar 10 kilometer (enam mil) dari Miranshah, kota utama di distrik suku Waziristan Utara, di sepanjang perbatasan Afganistan. "Itu adalah serangan pesawat tak berawak AS. Enam militan (Afganistan) tewas, jumlah korban tewas mungkin meningkat," kata seorang pejabat keamanan di Miranshah kepada AFP.

Wilayah yang menjadi sasaran serangan ini dituding sebagai basis jaringan Haqqani Al-Qaeda. Pejabat di Miranshah kepada AFP mengatakan bahwa semua orang yang tewas adalah pejuang Haqqani.

Pejabat di Peshawar mengatakan identitas mereka yang tewas belum jelas. Serangan pesawat tak berawak AS mendapat banyak kecaman di Pakistan. Namun, Amerika bersikukuh mengatakan drone merupakan alat yang vital dalam menghadapi Taliban dan militan Al Qaeda di wilayah suku-suku yang tak terjangkau di sepanjang perbatasan Pakistan dan Afganistan.

Pemerintah Pakistan telah berulang kali memprotes serangan pesawat tak berawak sebagai pelanggaran kedaulatan. Atas protes itu, penggunaan pesawat tersebut sedikit berkurang. Selama kunjungan ke Islamabad pada awal Agustus 2013, Menteri Luar Negeri AS John Kerry menyatakan bahwa serangan pesawat tak berawak yang menargetkan Taliban dan AlQaeda di Pakistan bisa "segera" diakhiri begitu ancaman militan surut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.