Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Obama Tiba di Rusia, tetapi Tak Ada Pembicaraan dengan Putin

Kompas.com - 05/09/2013, 19:15 WIB
ST PETERSBURG, KOMPAS.com — Presiden AS Barack Obama, Kamis (5/9/2013), tiba di kota St Petersburg, Rusia, untuk menghadiri KTT G-20.

Sejumlah pejabat mengatakan, dalam KTT itu, Obama akan menyampaikan argumentasinya seputar rencana serangan militer AS ke Suriah.

Dengan mimik wajah serius, Obama menuruni tangga Air Force One yang mendarat di Bandara Pulkovo, St Petersburg, menjelang Presiden Rusia Vladimir Putin membuka KTT itu.

Salah seorang pembantu Obama mengatakan, sejauh ini, belum ada rencana terbaru soal pertemuan bilateral antara Obama dan Putin, yang berbeda pendapat soal Suriah.

Namun, terdapat kemungkinan keduanya saling bertegur sapa di sela-sela pertemuan para pemimpin negara-negara maju dan berkembang ini.

"Para pejabat AS dan Rusia akan terus membahas soal bukti yang kami miliki terkait klaim serangan senjata kimia oleh rezim Assad," kata wakil penasihat keamanan nasional dan komunikasi strategis, Ben Rhodes.

Namun, lanjut Rhodes, AS tidak ingin berdebat terkait apakah seharusnya serangan militer terhadap suriah harus terjadi.

"Tidak semua negara G-20 setuju dengan langkah AS terhadap Suriah, terutama jika memperhatikan posisi Rusia," tambah Rhodes.

Meski demikian, lanjut Rhodes, Obama tetap akan menjelaskan pemikiran kami saat ini kepada para sekutu dan rekanan untuk menggali dukungan politik seperti apa yang bisa diberikan negara-negara G-20 terkait masalah Suriah.

Sejauh ini, dari negara-negara G-20, hanya Perancis yang sudah pasti memberikan dukungan militer untuk AS. Namun, beberapa anggota G-20 lainnya, termasuk China dan Jerman, sudah menegaskan tidak akan bergabung dengan AS untuk menyerang Suriah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com