Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden Iran Ucapkan Selamat Tahun Baru untuk Umat Yahudi

Kompas.com - 05/09/2013, 14:43 WIB
TEHERAN, KOMPAS.com — Presiden Iran Hassan Rohani, pada Rabu (4/9/2013), lewat akun Twitter-nya mengucapkan selamat tahun baru untuk warga Yahudi, khususnya yang tinggal di Iran.

"Saat matahari akan terbit di Teheran, saya ucapkan kepada seluruh umat Yahudi, khususnya Yahudi Iran, selamat merayakan Rosh Hashanah," demikian kicauan Rohani.

Rosh Hashanah adalah tahun baru tradisional umat Yahudi, biasanya jatuh pada awal musim gugur di belahan bumi sebelah utara.

Pernyataan Rohani ini menjadi istimewa karena selama ini Iran tidak pernah menunjukkan sisi positifnya terhadap umat Yahudi.

Pendahulu Rohani, Mahmoud Ahmadinejad, dikenal sangat sering mengeluarkan pernyataan kontroversial terhadap umat Yahudi dan Israel.

Ahmadinejad bahkan menganggap bencana holocaust pada Perang Dunia II tak lebih dari sekadar mitos dan kerap menyerukan pemusnahan Israel.

"Bahkan saat Iran masih berbentuk kerajaan, seingat kami tak ada ucapan semacam ini," kata cendekiawan kelahiran Iran yang kini mengepalai program Timur Tengah di Lembaga Internasional Woodrow Wilson, Haleh Esfandiari.

Meski jumlah umat Yahudi di Iran berjumlah kurang dari 9.000 jiwa dari 77 juta warga Iran, tetapi warga Yahudi Iran adalah populasi Yahudi terbesar di Timur Tengah setelah Israel.

Meski kicauan Rohani itu sudah tersebar, tetapi Rohani belum secara pribadi memverifikasi pesan Twitter itu.

Namun, sejauh ini juru bicara kepresidenan Iran belum membantah keabsahan pesan Twitter itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Al Arabiya
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com