Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Para Uskup di Amerika Menentang Aksi Militer ke Suriah

Kompas.com - 05/09/2013, 05:43 WIB
Palupi Annisa Auliani

Penulis

Sumber

WASHINGTON, KOMPAS.com
 — Pemimpin
Gereja Katolik Roma di Amerika Serikat, Rabu (4/9/2013), menyatakan menentang aksi militer ke Suriah. Serangan militer dinilai hanya akan menyebabkan "konsekuensi negatif yang tak diharapkan".

Dalam sebuah surat yang ditujukan kepada
Presiden Amerika Barack Obama, Konferensi Uskup Katolik AS berpendapat, seharusnya Amerika justru bekerja keras tanpa kenal lelah dengan negara lain untuk mengakhiri perang saudara yang berlarut-larut di Suriah.

Sembari mengutuk penggunaan senjata kimia di Suriah, surat itu, mengutip Paus Fransiskus dan Uskup Kristen di Timur Tengah, mendesak masyarakat internasional mengakhiri intervensi militer. "Mereka dengan jelas menyatakan bahwa serangan militer akan kontraproduktif, akan memperburuk situasi yang sudah mematikan dan punya konsekuensi negatif yang tak diinginkan," tulis surat itu.

Surat itu ditandatangani oleh Kardinal New York Timothy Dolan yang juga ketua konferensi tersebut, dan Uskup Richard Pates dari Iowa yang adalah ketua keadilan internasional dan komite perdamaian dalam konferensi. Gereja Katolik Roma adalah kekuatan Kristen terbesar di Amerika Serikat.

Adapun Obama yang berada di Swedia, Rabu, dalam perjalanan menuju pertemuan puncak G-20 di Rusia, mengharapkan dukungan global untuk menghukum Suriah atas penggunaan senjata kimia kepada warga sipilnya sendiri.

Paus Fransiskus telah menyatakan, Sabtu (7/9/2013) adalah hari puasa dan doa bagi Suriah. Akhir pekan lalu Paus juga menyatakan bahwa "Tuhan dan sejarah" yang akan menghakimi mereka yang menggunakan senjata kimia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com