Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setujui Aksi Militer ke Suriah, Panel Senat AS "Membelah" Suara Demokrat dan Republik

Kompas.com - 05/09/2013, 03:49 WIB
Palupi Annisa Auliani

Penulis

Sumber Reuters
WASHINGTON, KOMPAS.com — Panel Senat Amerika Serikat yang membidangi masalah luar negeri, Rabu (4/9/2013) petang waktu setempat atau Kamis (5/9/2013) dini hari waktu Indonesia, menyetujui resolusi untuk memberikan otoritasi bagi Pemerintah Amerika Serikat menggelar aksi militer di Suriah. Pemungutan suara mendapatkan hasil 10-7 untuk dukungan terhadap resolusi, dengan satu anggota senat hanya menuliskan "hadir".

Keputusan di panel ini akan melempengkan jalan untuk pemungutan suara di sidang penuh senat, yang kemungkinan dijadwalkan berlangsung pekan depan. Apalagi kursi mayoritas senat saat ini diisi para senator dari Partai Demokrat, partai yang mengusung Barack Obama sebagai Presiden Amerika Serikat.

Namun, dukungan juga harus didapat dari Partai Republik yang menguasai parlemen (House of Representative) Kongres. Sebelumnya Obama meminta dukungan Kongres terhadap serangan terbatas militer ke Suriah sebagai bentuk hukuman untuk rezim Bashar al Assad yang diduga menggunakan senjata kimia terhadap warga sipilnya sendiri.

Persetujuan panel senat didapat setelah sebelumnya para senator meminta pendefinisian yang jelas untuk aksi militer yang akan digelar Amerika di Suriah. Hasil pemungutan suara di panel senat ini pun menunjukkan bahwa garis partai tak menjadi ukuran mutlak. Dua senator dari Partai Demokrat, Tom Udall dan Tom Murphy, bergabung dengan senator dari Partai Republik, Marco Rubio, John Barrasso, James Risch, Ron Johnson, dan Paul Rand, menolak resolusi tersebut.

Dalam pernyataannya, Udall mengatakan dia terkejut dengan serangan Assad terhadap warga negaranya sendiri menggunakan senjata kimia. Namun, Udall menyatakan tak ingin Amerika terlibat dalam perang Suriah. "Saya memilih 'tidak' karena kebijakan ini akan menggerakkan Amerika terlibat lebih banyak dalam perang sipil Suriah," ujar dia seusai pemungutan suara.

Sebaliknya, tiga senator dari Partai Republik juga berpihak ke kubu Demokrat, dengan mendukung resolusi. Mereka adalah Bob Corker, McCain, dan Jeff Flake. Dia memberikan suara "ya" bersama 7 senator Partai Demokrat, yakni
Ketua panel Robert Menendez, Barbara Boxer, Ben Cardin, Jeanne Shaheen, Chris Coons, Dick Durbin, dan Tim Kaine.

Adapun 1 senator dari Partai Demokrat, Edward Markey, tidak memilih "ya" maupun "tidak". Markey hanya menyatakan "hadir" dalam pemungutan suara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com