Kompas.com - 04/09/2013, 16:04 WIB
EditorErvan Hardoko
WASHINGTON DC, KOMPAS.com — Para pemimpin Al Qaeda dikabarkan tengah meningkatkan usaha mereka untuk melumpuhkan atau setidaknya mengantisipasi serangan pesawat tanpa awak alias drone AS.

Al Qaeda telah menyusun teknik untuk menembak jatuh, melumpuhkan, atau membajak drone AS. Demikian kabar dari harian The Washington Post, Selasa (3/9/2013) malam, mengutip sejumlah dokumen rahasia.

Lewat situs web resminya, Washington Post menyebut para pemimpin Al Qaeda berharap bisa mengungkap kelemahan teknologi sistem persenjataan drone yang sejauh ini membuat kerugian cukup besar terhadap kelompok militan ini.

"Meski tidak ada bukti bahwa Al Qaeda pernah menjatuhkan sebuah drone atau mencegat misi terbang sebuah drone, intelijen AS berhasil melacak upaya keras Al Qaeda mengembangkan strategi melawan drone sejak 2010," ujar harian tersebut.

Washington Post juga melaporkan bahwa para komandan Al Qaeda sangat ingin mencapai sebuah terobosan teknologi yang bisa melemahkan operasi drone AS.

Diperkirakan secara total operasi drone AS sudah menewaskan 3.000-an orang, termasuk warga sipil, selama satu dekade terakhir.

Gencarnya operasi drone AS membuat Al Qaeda harus membatasi pergerakan dan operasi mereka di Pakistan, Afganistan, Yaman, Somalia, dan beberapa tempat lainnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.