Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rusia Dukung Serangan ke Suriah jika Ada Bukti soal Gas Beracun

Kompas.com - 04/09/2013, 15:30 WIB
MOSKWA, KOMPAS.com — Presiden Vladimir Putin menegaskan, Rusia bisa mendukung serangan militer terhadap Suriah yang disetujui PBB jika ada bukti bahwa rezim itu menggunakan gas beracun.

Dalam sebuah wawancara dengan kantor berita Associated Press (AP) dan televisi Pemerintah Rusia Channel 1, Putin mengatakan, "tidak masuk akal" bahwa pasukan Presiden Suriah Bashar Al Assad terpaksa menggunakan senjata kimia saat posisi mereka unggul atas para pemberontak.

"Jika ada data bahwa senjata kimia telah digunakan, dan secara spesifik digunakan oleh tentara reguler (Suriah), bukti itu harus disampaikan kepada Dewan Keamanan PBB," katanya. "Itu harus menjadi sebuah penyelidikan mendalam dan spesifik yang berisi bukti yang akan menjadi jelas dan membuktikan tanpa keraguan siapa yang melakukan itu dan apa jenis yang digunakan," katanya kepada kantor berita itu.

Putin mengatakan, sebagaimana laporan kantor berita itu, dia "tidak mengabaikan" untuk mendukung sebuah resolusi PBB tentang serangan militer asal disertai bukti kuat. Namun, dia memperingatkan serangan AS yang tanpa bukti atas tuduhan soal senjata kimia itu.

Rusia merupakan anggota tetap Dewan Keamanan PBB. Negara itu punya kuasa untuk memveto resolusi Dewan Keamanan terhadap rezim Suriah dan telah melakukannya berulang kali dalam dua tahun terakhir.

Putin tidak akan mengemukakan apa yang akan dilakukan Rusia jika Amerika Serikat memutuskan untuk melancarkan serangan ke Suriah. Dia mengatakan, "terlalu dini" untuk berbicara tentang skenario tersebut. "Kami punya rencana sendiri," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNN.com
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com