Kompas.com - 04/09/2013, 09:22 WIB
EditorEgidius Patnistik
WASHINGTON, KOMPAS.COM - Pemimpin Partai Republik dan Demokrat dari Komite Hubungan Luar Negeri Senat AS telah menyetujui sebuah rancangan resolusi yang mengizinkan aksi militer AS di Suriah. Rancangan tersebut akan disetujui atau tidak dalam pemungutan suara panel Senat paling cepat Rabu (4/9) waktu AS atau Kamis (5/9) waktu Indonesia.

"Secara bersama-sama kami telah mengupayakan sebuah ketetapan yang memberikan Presiden otoritas yang ia perlukan untuk mengerahkan pasukan dalam menanggapi" penggunaan senjata kimia di Suriah bulan lalu, kata Senator Robert Menendez, ketua komite, dalam sebuah pernyataan. Senator Menendez, dari New Jersey, mengatakan ia telah mencapai kesepakatan dengan pemimpin panel dari Partai Republik, yaitu Senator Bob Corker dari Tennessee.

Rancangan resolusi itu berisi sejumlah ketentuan antara lain menetapkan batas waktu 60 hari bagi aksi militer di Suriah, dengan kemungkinan perpanjangan 30 hari tergantung pada kondisi.

Hal itu juga mencakup sebuah ketentuan yang melarang penggunaan angkatan bersenjata AS di daratan di Suriah.

Rancangan itu dijadwalkan akan diputuskan dalam pemungutan suara oleh komite pada hari Rabu. Jika disetujui komite, hal itu akan dikirim ke seluruh anggota Senat untuk kemudian digelar lagi pemungutan suara setelah para anggota senat kembali dari reses mereka pada tanggal 9 September.

Presiden Barack Obama telah mendesak Kongres untuk menyetujui permintaannya untuk menggunakan kekuatan militer AS, dalam serangan yang terbatas, guna menghukum rezim Presiden Suriah Bashar al-Assad terkait dugaan serangan senjata kimia pada 21 Agustus di pinggiran kota Damaskus yang menewaskan ratusan orang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.