Kompas.com - 03/09/2013, 12:55 WIB
EditorErvan Hardoko

DAMASKUS, KOMPAS.com - Lebih dari dua juta penduduk Suriah kini menjadi pengungsi, atau naik sekitar setengah juta dalam tiga bulan terakhir.

Lebih dari 700.000 orang mengungsi ke Lebanon dan lebih banyak warga Suriah sekarang pindah warga negara, demikian dilaporkan badan PBB untuk pengungsi UNHCR.

UNHCR dalam pernyataannya, Selasa (3/9/2013) mengatakan: "Perempuan, anak, dan laki-laki yang melewati perbatasan dengan membawa sedikit pakaian kian bertambah."

Sekitar setengah dari mereka yang terpaksa keluar adalah anak-anak, UNHCR mengestimasi tiga perempat diantaranya berusia di bawah 11 tahun.

Hanya 118.000 anak-anak yang mengungsi memiliki kesempatan untuk melanjutkan pendidikan dan hanya satu per lima menerima bantuan konseling.

UNHCR memperingatkan akan adanya "generasi yang hilang" karena minimnya bekal yang diberikan kepada anak-anak ini untuk membangun kembali Suriah di masa depan.

Lebanon menerima paling banyak pengungsi, meskipun negara ini merupakan negara tetangga Suriah yang paling kecil dan paling tidak memiliki kemampuan untuk menghadapinya.

Sekarang diperkirakan ada satu pengungsi Suriah diantara enam warga Lebanon. Yordania dan Turki menjadi negara kedua dan ketiga yang menampung pengungsi terbanyak.

Dukungan berskala besar

Merujuk pada fakta bahwa 97 persen dari pengungsi Suriah tinggal di negara-negara tetangganya, UNHCR mengatakan arus pengungsi ini "menempatkan beban yang sangat besar pada infrastruktur, ekonomi dan masyarakat di negara-negara tersebut".

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.