Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Afsel Ingatkan Peran PBB soal Suriah

Kompas.com - 02/09/2013, 18:17 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com — Afrika Selatan (Afsel) melalui Presiden Jacob Zuma mengingatkan peran PBB menyangkut Suriah. Menurutnya, cuma PBB yang punya otoritas untuk melakukan intervensi militer di suatu negara. "Itu pun dilakukan PBB tatkala semua jalan sudah tertutup," katanya sebagaimana warta AP pada Senin (2/9/2013).

Menurut Zuma, Afsel percaya tidak ada pelanggaran terhadap hukum internasional atau pengabaian agenda Dewan Keamanan PBB untuk menuntaskan agenda bagi negara-negara lainnya. Terkait dengan peran parlemen internasional, Zuma juga menambahkan agar peran tersebut berkontribusi dalam upaya mencari solusi politik terhadap kekisruhan di Suriah sejak dua tahun silam.

Hingga kini, pemerintahan Presiden Barack Obama masih menanti otorisasi Kongres AS terkait rencana penyerangan militer terbatas ke Suriah. AS menuding Suriah menggunakan senjata kimia dalam serangan pada 21 Agustus 2013 di Damaskus. Kalau Kongres mengabulkan, militer AS akan menyerang Suriah secara terbatas pada 9 September 2013.

Jacob Zuma dalam kesempatan tersebut memang menjadi pembicara pada pembukaan Konferensi Ke-59 Parlemen Negara-negara Persemakmuran di Johannesburg. "Fungsi parlemen juga mesti mengupayakan damai," imbuh Zuma.

Lebih lanjut, Zuma juga mengingatkan dalam kesempatan itu soal upaya perdamaian di Afrika. Ia menyebut negara Mesir dan Republik Demokrasi Kongo (RDK) masih memerlukan upaya lebih keras untuk mewujudkan perdamaian. "Di sini tugas parlemen untuk mempromosikan demokrasi, akuntabilitas, dan pemerintahan yang baik serta bersih, bahkan di seluruh dunia," demikian Jacob Zuma.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com